wartaphoto

Relawan Demokrasi (Relasi) Resmi Dilantik KPU Pati. Ini Tugasnya!

42
×

Relawan Demokrasi (Relasi) Resmi Dilantik KPU Pati. Ini Tugasnya!

Sebarkan artikel ini

Pati – Mengantisipasi potensi penurunan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu yang akan berlangsung April mendatang serta tekan angka golput, KPU Pati melantik Relawan Demokrasi (Relasi). Pelatikan yang dilaksanakan di Hotel New Merdeka diikuti 55 relawan demokrasi, dan dilantik langsung oleh Ketua KPU Pati Imbang Setiawan (29/01/19).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten menekankan bahwa relawan yang bernama Relasi ini akan bertugas mensosialisasi terkait Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 kepada masyarakat di kabupaten Pati. Selain itu. Relawan Demokrasi (Relasi) ini terbentuk atas tingginya nilai golput.

Ketua KPU Pati Imbang Setyawan mengatakan jika Relasi ini menjadi garda terdepan untuk mensosialisasikan kegiatan pemilu mendatang.

“Sehingga menjadikan dan membentuk pemilih yang cerdas. Selain itu, agar mengembangkan dan memberikan efek positif terhadap pelaksanaan pemilu secara kualitas dan kuantitas,“ kata Imbang.

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Relawan Demokrasi itu telah berlangsung selama satu hari dengan beberapa materi seperti prinsip dan standar pemilu, tahapan pemilu, kode etik strategi pendidikan pemilih dan public speaking.

Nantinya, Relasi akan menjadi tangan dari KPU.  “Jika sudah terjun konsekuensi dan aspek-aspek prinsipil yang harus dijaga, utamanya netralitas dan profesionalisme.

“Jangan sampai ketika nanti sudah terjun kebawah ada warna yang berbeda atau warna tertentu. Karna warna kita adalah warna semua partai politik, sehingga para relawan mampu memaknai hal tersebut dengan baik.” kata Imbang, menekankan.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!