Unik, Pengantin di Kalidoro Pati Ini Tetap Terlihat Cantik Bergaun Daur Ulang Plastik

  • Whatsapp

PATI- Apa jadinya, jika hari yang sakral yakni pernikahan namun busananya berbahan limbah plastik daur ulang? Ternyata pasangan pengantin yang satu ini tetap terlihat anggun meski berbalut busana yang diakuinya dibuat sejak tiga bulan lalu. Adalah pasangan warga Kelurahan Kalidoro, Kecamatan Pati yang melangsungkan pernikahan pada 20/02/19. Tak ada kesan kumuh, kotor, bahkan jauh dari kesan busana berbahan limbah, tetapi justru berbalik serasa mewah.

Isnaini sendiri merupakan pegiat lingkungan yang turut aktif mengelola bank sampah, salah satunya di taman hijau kalidoro. Sehari-hari disela-sela aktivitasnya, Isnaeni atau biasa disapa Neni ini juga sering membuat kerajinan dari bahan daur ulang.

Khusus untuk hari pernikahannya, dia mengumpulkan plastik, dan bahan daur ulang lainnya sekitar 500an plastik dengan warna putih dan merah muda. Dirinya mendesain sendiri gaun pengantinnya tersebut.

“Selama tiga bulan saya mengumpulkan plastik dan merangkai menjadi gaun seperti ini,” katanya.

Dirinya mengungkapkan untuk gaun pengantin menjuntai tersebut dirinya mengombinasikan bahan daur ulang dengan bahan beli baru.

“Ada yang limbah, ada yang baru. Kalau ditotal rupiah sekitar 2 jutaan. Tapi ini masih jauh lebih murah daripada gaun desain seperti ini dengan bahan kain pilihan sebagaimana umumnya,” lanjut Neni.

Ide awal dirinya merancang busana tersebut karena dirinya memang aktif di bidang lingkuangan, dan prihatin dengan banyaknya limbah plastik yang berserakan di lingkungan. Lalu dirinya merancang gaun tersebut dengan harapan ada yang terinspirasi untuk kreatif memanfaatkan bahan limbah terlebih yang sulit terurai.

Proses awal sebelum membuat busana tersebut adalah mengumpulkan plastik kemudian direndam agar kotoran yang menempel hilang, kemudian dijemur, lalu dirangkai sesuai konsep desainnya. Agar menarik, ditambahkan pula ornament motif bunga kerlip dan diperkuat dengan tali di bagian pundak dan perut. Hasilnya, istimewa. Busana daur ulang tetap modis dan elegan di hari spesial.

Sementara itu, suaminya, Melandi yang merupakan fotografer dan jurnalis di media cetak ini mendukung ide tersebut. “Sejak awal mengenalnya saya sudah tau kegemarannya dan karena ini juga bisa bermanfaat mengurangi sampai dan baik untuk lingkungan ya saya support dan bantu semaksimal yang saya bisa,” ucapnya sembari tersenyum bahagia akhirnya berhasil mempersunting gadis pujaan hatinya.

Reporter: Arton
Editor: Revan Zaen

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *