Pati

Peran Puskesmas dan Karang Taruna Vital Dalam Mencegah Peredaran Narkoba Pada Remaja

33
×

Peran Puskesmas dan Karang Taruna Vital Dalam Mencegah Peredaran Narkoba Pada Remaja

Sebarkan artikel ini

PATI. Puskesmas sebagai pusat layanan kesehatan terdekat dengan masyarakat, memiliki peran penting dalam mencegah dan menanggulangi peredaran narkoba di lingkungan sekitar. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Saiful Arifin saat pembukaan Bimbingan teknis (bimtek) bagi tenaga teknis klinik narkoba puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Pati, Selasa (26/2) di ruang Pragola Setda Kabupaten Pati.

Wabup yang akrab disapa Safin itu dalam sambutannya mengatakan, bahwa narkoba merupakan bahaya laten bagi generasi penerus dan narkoba ini penanganannya harus sedini mungkin dari keluarga, karena pengguna narkoba saat ini terus meningkat.

“Disinilah peran Puskemas ini sangat dibutuhkan karena puskesmas dekat dengan masyarakat di desa dan teman – teman puskesmas mungkin bisa bekerjasama dengan karang taruna untuk menanggulangi dan pencegahan narkoba di tingkat desa,” ungkap Safin sembari memuji panitia dan peserta yang datang tepat waktu.

Kolaborasi antara puskesmas dan karang taruna ini perlu dilakukan, karena rata- rata pengguna narkoba ini cenderung kawula muda. Safin menekankan, senakal-nakalnya anak muda jangan sampai terjerumus kepada narkoba.

“Kalau ada yang menginginkan konseling ya pihak puskesmas harus melayani. Dan orangtua mempunyai andil besar untuk mencegah putra putrinya agar tidak terjerumus kedalam penyalahgunaan narkoba ini,” tegasnya.

Sementara itu Heri Supriyono Kabag Kesra selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa bimtek bagi tenaga teknis narkoba puskesmas di Kabupaten Pati ini diikuti oleh 75 orang terdiri dari dokter di puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Pati. Tak hanya itu, sejumlah LSM peduli narkoba turut mengikuti bimtek yang menghadirkan tiga narasumber, yaitu Kasat Narkoba Polres Pati AKP Puji Raharjo, dokter  Yarmaji yang merupakan dokter spesialis kejiwaan dan Siti Fatkhurrohmah psikolog RSUD RAA Soewondo Pati.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!