Patiwartaphoto

Jajal Modifikasi Perahu Menjadi Damkar, Safin Sebut Ini Terobosan Bagus

25
×

Jajal Modifikasi Perahu Menjadi Damkar, Safin Sebut Ini Terobosan Bagus

Sebarkan artikel ini

JUWANA – Wakil Bupati Saiful Arifin mencoba mengoperasikan alat pemadam kebakaran sederhana. Alat pemadam itu dipasang di perahu nelayan, dan difungsikan sebagai penolong saat terjadi kebakaran. Turut serta, Kapolres Pati AKBP Jon Wesly dan Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan yang ikut mencoba alat tersebut.

Alat pemadam tersebut berwujud sebuah mesin diesel pompa air. Air langsung diambil dari sungai. Hanya ada satu selang air. Semprotan airnya sampai hampir 20 meter. Dengan sistem kerja yang sederhana dan hemat biaya tentu bisa menjadi solusi alternatif.

”Ini tentu terobosan bagus dalam penanganan ketika terjadi musibah kebakaran kapal,” kata Saiful Arifin.
Safin juga mengingatkan, jika permasalahan seperti itu harus menjadi perhatian. Apalagi, sektor perikanan sendiri menjadi salah satu penopang perekonomian di Bumi Mina Tani.

”Perikanan ada dua. Perikanan budidaya dan perikanan tangkap. Sektor perikanan tangkap ini potensinya besar di Pati. Di Juwana sendiri ada ratusan kapal besar dengan berat di atas 30 GT. Tentu kebakaran bisa menjadi momok bagi para pemilik kapal, karena posisinya yang berdekatan, seringkali satu kapal terbakar lalu merembet ke beberapa kapal lainnya,” papar Saiful Arifin.

Sementara itu Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo Septiwi mengungkapkan, kegiatan tersebut menjadi langkah kordinasi untuk penanganan kebakaran kapal yang sering terjadi di Juwana dan juga persoalan keselamatan kerja.

”Seperti diketahui di Juwana memang sering terjadi kebakaran kapal. Hal itu harus menjadi perhatian semua pihak terkait, agar dapat diantisipasi dampaknya,” jelasnya.

Pembahasan dan antisipasi hal hal yang tak diinginkan tersebut dilaksanakan saat koordinasi antar instansi terkait pelabuhan perikanan pantai Bajomulyo. Hadir dalam kesempatan itu pihak-pihak terkait seperti para pemilik kapal, polsek, koramil, polair, Dinas Kelautan dan Perikanan dan beberapa instansi lainnya.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!