Dinsos Bahas Segala Persoalan Sosial Mulai Dari Tren Penurunan Angka Kemiskinan Hingga Terbatasnya SDM

  • Whatsapp

PATI. Bertempat di Salza Hall Convention Pati (18/3) Dinas sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Tengah mengadakan penyuluhan sosial dalam rangka peningkatan kualitas tanggung jawab dan kesetiakawanan sosial di Jawa Tengah. Kegiatan yang didukung penuh oleh PWI Pati ini juga dihadiri oleh komisi E DPRD provinsi Muh Zen Adv.

Tri Hayumi  perwakilan dari Dinas Sosial kabupaten Pati mengatakan jika di dinas sosial ada beberapa aspek, seperti melayani jaminan sosial, perlindungan, dan  rehabilitasi. Ia juga mengatakan jika pada tahun 2013 Sampai dengan 2018 tingkat kemiskinan mengalami penurunan.

“Harapan kita, kemiskinan dari tahun ke tahun akan semakin menurun meskipun tidak bisa dihilangkan secara keseluruhan. Pemerintah sudah mengupayakan berbagai cara agar masyarakat terhindar dari kemiskinan, ” ungkapnya.

Lebih dari itu, Tri mengungkapkan bahwa yang baru tren di Kabupaten pati adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Akan tetapi bantuan tersebut memiliki sejumlah persyaratan.

“Dinas sosial dengan SDM yang terlihat sedikit, tapi kita menangani permasalahan dari segala lini termasuk kecamatan,” lanjutnya.

Muh Zen Adv, komisi E DPRD provinsi Jawa Tengah

Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen Adv mengatakan persoalan sosial tak bisa dipisahkan menjadi tanggung jawab pemerintah. Ini menjadi komitmen komisi E untuk menyejahtarakan rakyat.

“Banyaknya permasalahan sosial menjadi persoalan yang wajib diselesaikan. Sehingga ini membutuhkan perhatian dari seluruh kelompok masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, persoalan sosial terus berkembang. Bentuknya dinamis. Mulai dari kemiskinan, kesehatan, pendidikan. Ini menjadi perhatian serius oleh pemerintah.

“Permasalahan sosial terus berkembang. Seperti masalah kemiskinan, masalah pendidikan, kesehatan. Makanya ini membutuhkan perhatian serius bagi kami,” pungkasnya.

Sementara itu, PWI Pati yang menjadi panitia pelaksana melalui ketuanya M. Noor Efendi mengatakan bahwa kegiatan ini bagian dari kontribusi PWI Pati dalam mendukung upaya pemerintah dalam menangani masalah sosial, terutama berkait peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Mengingat, kesejahteraan sosial dapat mendukung program pengentasan kemiskinan. Sekaligus mengajak masyarakat untuk berperan dalam mengawal dan mengawasi pelaksanaan bantuan sosial agar tepat sasaran,” katanya.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *