wartaphoto

Viral, Naskah Soal UMBK MTs Yang Salah Tentang Ulama Besar Penyeru Resolusi Jihad

50
×

Viral, Naskah Soal UMBK MTs Yang Salah Tentang Ulama Besar Penyeru Resolusi Jihad

Sebarkan artikel ini

Pati- Sempat viral terkait beredarnya foto naskah Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) di media sosial mapel SKI (Sejarah Kebudayaan Islam). Setelah dicermati, soal tersebut memang terdapat kekeliruan.

Dalam naskah itu tertulis bahwa di Indonesia ada ulama’ besar yang getol memperjuangkan agama islam, yakni KH. Ahmad Dahlan. Dalam perjuangannya, beliau berhasil menorehkan tinta emas dengan menyerukan ‘resolusi jihad’. Padahal, resolusi jihad adalah gagasan dari KH. Hasym Asyari yang merupakan tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Poin tersebutlah yang menjadi letak kesalahannya.

Idra Sari Ningsih, siswa MTs Luthful Ulum Pasucen membenarkan adanya soal tersebut. Bahkan, dirinya mengaku bingung saat memberikan jawaban. Sebab, sepengetahuannya, resolusi jihad diserukan oleh Mbah Hasyim.

“Itu soal SKI pada nomor 4. Pertanyaanya memang membingungkan. Kalau pelajaran SKI yang diajarkan selama ini, KH. Ahmad dahlan adalah pendiri Muhammadiyah, sedangkan KH. Hasyim Asyari adalah pendiri NU sekaligus penyeru resolusi jihad,” katanya, Sabtu (23/3/2019).

Idra Sari menganggap soal itu sebagai bonus karena memang dirinya bingung harus memilih apa.

Sementara Kepala Sekolah MTs Luthful Ulum Pasucen, Irfan Chumaidi mengatakan, soal tersebut memang membingungkan. Tetapi pihaknya mengaku sudah memberikan keterangan kepada siswa.

“Kalau soal salah seperti ini diujikan, kasihan anak-anak. Sebab, yang mereka pelajari tidak seperti ini,” terangnya.

Dirinya juga meminta kepada pihak yang berwenang agar jangan asal-asalan dalam membuat soal. Setidaknya di cek terlebih dahulu sehingga ketika di ujikan, sudah benar-benar siap.

“Pembuat soal maupun yang mengedit harus lebih jeli lagi. Jangan sampai hal serupa terulang. Karena, ini sangat penting,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!