Ketua Panwascam Tegaskan PTPS Wajib Netral, Jujur dan Tolak Iming Iming Apapun

  • Whatsapp

TLOGOWUNGU – Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) kecamatan Tlogowungu telah resmi dilantik. Pengambilan sumpah dilakukan di aula resto Global Futsal Tlogowungu (25/3) kemarin.

Ketua Panwascam Tlogowungu Mohammad Ali mengatakan jika secara garis besar penyelenggara pemilu ada tiga, yakni yang bergerak di bidang teknis ada KPU dan jajarannya sampai dengan KPPS. “ Sedangkan di bidang pengawasan ada Bawaslu RI sampai PTPS seperti yang pada hari ini kami lantik. Dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang tugasnya mengadili atau menegakkan masalah moral etik, “. Ujar Ali.

Pasca dilantik, Muhammad Ali menegaskan bahwa PTPS harus lebih mengutamakan netralitas dan mementingkan nilai integritas. Sehingga nantinya anggota PTPS tidak mudah di goyah oleh iming-iming yang sifatnya pragmatis.

“Jika ada upaya sistematis dari pihak manapun untuk menggoyahkan kita (PTPS – Red), seperti ketika ada tawaran dalam bentuk apapun, maka harus kita tolak. Mari kita buktikan bahwa kita menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, “ tandasnya.

Ali juga berharap, setelah dilantik PTPS harus bersama-sama mengawal pemilu 2019 april mendatang agar berjalan dengan baik, aman dan berintegritas. Tak hanya itu, PTPS juga dituntut untuk lebih memprioritaskan tugas pokoknya, yakni mengawasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di setiap TPS.

“Kita harus bersama-sama menyukseskan pemilu April mendatang. bukan hanya PTPS tetapi semua pihak termasuk warga juga harus terlibat dalam kesuksesan pemilu, “ pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut, Nampak hadir Kapolsek Tlogowungu, Camat Tlogowungu dan Danramil Tlogowungu. Tak hanya melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah, sejumlah 163 anggota PTPS juga di bekali oleh bimbingan teknis (Bimtek) oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati.

Reporter: Arton
Editor: Revan Zaen

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *