Prestasiwartaphoto

Sebulan, 2 Trophy Bidang Ekonomi Tingkat Jateng Berhasil Diboyong Ke SMAN 1 Jakenan

60
×

Sebulan, 2 Trophy Bidang Ekonomi Tingkat Jateng Berhasil Diboyong Ke SMAN 1 Jakenan

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. PATI. Semangat tim Mata Pelajaran (Mapel) Ekonomi SMAN 1 Jakenan sedang menggebu. Beberapa lomba yang diikuti berhasil menyabet piala bergengsi tingkat Jawa Tengah. Terbaru, mereka memenangkan Lomba Cerdas Cermat Efestivoria Universitas Semarang sebagai juara 1 tingkat Jateng pada 16/04/19 lalu.

Tim yang beranggotakan Indah Permata Nusantara, Nawang Ari Safa’ah, Rizka Zulfa Amalia ini berhasil masuk ke babak final dengan mengalahkan SMKN 1 Demak.

“Finalnya 2 sesi. Pertama gambling round kami menang dengan point 170 tim lawan dapat poin 125. Selisih 45. Jadi kami masih optimis juara meski kami melawan kelas XI sementara kami kelas X,” kata Indah mengawali.

“Sayangnya pas babak kedua, ketika diumumkan nilai totalnya, selisih point kami tinggal 10. Berarti ya babak kedua kami kalah. Tapi tidak masalah, karena poin tetap unggul kami. Alhamdulillah diputuskan kami juara 1,” kata Nawang menimpali.

Ditanya apakah dirinya merasa kalah pada babak kedua mereka mengakui. “Iya secara umum kami kalah. Mereka lebih lancar ketika menjawab. Ini jadi motivasi dan masukan bagi kami ke depannya,” sambung Indah.

Mereka menjadi lebih optimis karena telah dipersiapkan dengan proses karaktina meski waktunya tak begitu lama. “Kami dibekali materi debat ekonomi baik kelas X, XI oleh Pak Sholihul Fuad secara menyeluruh. Kemudian materi pengembangan, relevansi terhadap peristiwa kenyataan dan strategi debat oleh Pak Rif’an Zaenal Ehwan. Jadi, ya tinggal maju dan berdoa saja,” tuturnya.

Tim Ekonomi SMAN 1 Jakenan berfoto bersama Pembimbing, Sholihul Fuad usai sapu bersih juara EDC di UMK belum lama ini

Lomba ini bukan lomba pertama yang diikuti dalam sebulan terakhir. Sebelumnya mereka yang juga dikirim dalam lomba Accounting Smart Competition Actor 2019 Tingkat Jawa Tengah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus, pada 12/03/19/

Kala itu, tim SMA N 1 Jakenan mengirim 3 tim dengan 9 personil. Rekor, 3 tim saling berhadapan di babak final dan berhasil sapu bersih juara 1,2,3.

Juara I oleh Widya, Sholihatun, Cahya, Juara II oleh Indah, Hana, dan Olivia sementara Juara III Nawang, Zulfa, dan Pretty.

“Lomba Economic Debate Competition (EDC) di UMK juga sebenarnya sulit. Ada faktor keberuntungan juga. Itu ada babak rebutan. Kalau salah poin dikurangi. Makin kesini makin besar poin pengurangannya. Namun Alhamdulillah kami berhasil meraih juara semua,” kata Nawang.

Pembimbing Mapel Ekonomi, Sholihul Fuad mengatakan bahwa anak-anak tersebut seyogyanya dipersiapkan untuk Lomba OSN Ekonomi. Sekaligus untuk mengasah mental dan menambah jam terbang.

“Anak-anak ini punya potensi besar. Meski anak IPA, namun memiliki minat bidang IPS khususnya Ekonomi cukup besar. Jadi, kami mencoba menyalurkan bakat dan minatnya yang semoga bermanfaat untuk masa depannya,” kata Sholihul Fuad.

Mereka bertiga ini kini tengah dipersiapkan kembali untuk lomba Ecopedia di UNISULA Semarang, awal Mei mendatang. “Targetnya ya menang,” kata Indah, Nawang dan Rizka kompak.

 

Reporter: Revan Zaen

Editor: A.Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!