KomunitasPatiwartaphoto

Lestarikan Budaya Lokal, Karang Taruna Bakaran Wetan Adakan Lomba Tongtek

121
×

Lestarikan Budaya Lokal, Karang Taruna Bakaran Wetan Adakan Lomba Tongtek

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. JUWANA. Tongtek merupakan kegiatan kesenian tradisi lokal yang biasa dilakukan warga untuk membangunkan sahur ketika bulan Ramadhan. Permainannya menggunakan alat-alat tradisional seperti kentongan bambu yang dipadukan dengan alat seadanya sehingga menghasilkan suara yang merdu. Perpaduan antara seni, kolaborasi, kepedulian dan kerjasama. Melihat potensi tersebut,

Karang Taruna Desa Bakaran Wetan mengadakan Lomba Tongtek. Acara digelar pada Sabtu malam (25/05/19) pukul 20.00 WIB atau setelah tarawih di Balai desa Bakaran Wetan.

Kegiatan lomba ini bertujuan melestarikan tradisi tongtek yang sekarang mulai tergusur , disamping memeriahkan bulan Ramadhan juga diharapkan menjadi salah satu wadah bagi generasi muda maupun masyarakat desa Bakaran wetan yang hobi bermusik untuk muncul ke permukaan menampilkan bakat masing2 dan mengasah keberanian untuk tampil di depan publik.

Peserta yang turut ambil bagian, berasal dari anak anak desa bakaran wetan yang mempunyai perkumpulan atau grup tongtek yang setiap malam aktif membangunkan sahur dengan tongteknya.  Ada 6 grop tongtek yg mengikuti lomba tongtek ini.

“Harapan semoga dengan adanya lomba ini, bisa menarik minat masyarakat dari dalam maupun luar desa Bakaran Wetan untuk kreatif dalam berkarya, tetap melestarikan budaya lokal, dan dengan adanya lomba kali ini diharapkan sebagai awal yg baik untuk kegiatan tongtek setiap tahunnya,” Kata Bagus salah satu panitia.

Kali ini Grup tongtek Akatsuki dinobatkan sebagai Juara 1. Grup tongtek Punokawan Jr Juara 2. dan Grup tongtek Yes No Yes No Juara 3.

“Alhamdulillah acara ini disambut dengan baik oleh masyarakat dan antusias penonton sangat meriah dari dalam maupun luar desa Bakaran Wetan. Khusus untuk anggota karang taruna juga semoga semakin semangat dalam membangun ide untuk acara maupun event yang mendidik karena banyak sekali support dari acara tongtek kali ini,” pungkas Bagus.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!