Warga Desa Ngagel Dukuhseti Siap Sambut Perayaan Idul Fitri

  • Whatsapp

WARTAPHOTO.net. DUKUHSETI. Hari Raya Idul Fitri yang tinggal 2 hari ini disambut gembira oleh seluruh umat Islam. Di Desa Ngagel kecamatan Dukuhseti misalnya, perayaan takbir keliling untuk menyambut hari raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi setiap tahunnya.

Untuk membuat sebuah miniatur ataupun ogoh-ogoh untuk menyambut perayaan hari raya Idul Fitri ,mereka mengaku menghabiskan dana tak sedikit, dana yang mereka keluarkan mencapai 2 hingga 3 juta rupiah.

Salah satunya sebagaimana diungkapkan Puryadi, tokoh pemuda mushola Nurul Jannah yang berada di RT 05/02 desa Ngagel kecamatan Dukuhseti.

“Biayanya ya saya rasa lumayan antara dua hingga tiga juta rupiah, sumber dana ya dari sumbangan masyarakat. Tapi kan tidak jadi masalah, yang penting kita sama-sama merayakan Idul Fitri dengan gembira tetap menjaga kerukunan,” tutur Puryadi.

Lebih lanjut, Puryadi mengungkapkan jika persiapan ini sudah jauh-jauh hari dilakukan. Biasanya sebelum membuat miniatur ataupun ogoh-ogoh untuk perayaan takbir keliling, para remaja menunggu hasil rapat dari panitia.

“Kalau untuk persiapan pembuatan miniatur ini sudah dimulai sejak pertengahan puasa, nanti sambil menunggu rapat panitia bersama takmir masjid. Jika diputuskan ada perayaan takbir keliling, ya para remaja masjid segera membuat miniatue ini ” ungkapnya.

Nantinya miniatur ataupun ogoh-ogoh yang diarak keliling desa akan dilombakan dan dinilai oleh dewan juri, dimana miniatur dengan peserta terbaik akan mendapatkan hadiah serta piala bergilir dari kepala desa.

Reporter: A. Muhammad

Editor: Revan Zaen

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *