wartaphoto

Unik, Warga Druju Bungasrejo punya tradisi Sahur Bareng Sebulan Penuh

111
×

Unik, Warga Druju Bungasrejo punya tradisi Sahur Bareng Sebulan Penuh

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. JAKENAN. Ada yang unik dari tradisi warga Dukuh Druju Desa Bungasrejo Jakenan. Jika buka bersama nampaknya biasa, namun ini sahur bersama sepanjang ramadan.” Tradisi ini sudah sejak 2016 mas. Kalau sahur bareng itu lokasinya digilir dari RT ke RT. Biar suasana sahur jadi seru, meriah, semangat berpuasa untuk seluruh warga,” kata Ridwan, salah satu wargaSementara itu, untuk tradisi buka bersama hanya dilakukan tiap hari minggu saja. “Semua makanan itu sukarela mas, sedekah dari warga. Bergiliran,” lanjutnya.

Agar lebih teratur, ada panitia khusus yang menjadwal agenda lokasi buka bersama tiap harinya.Tradisi sahur bareng ini ternyata diawali dari inisiatif warga yang memberi makanan sahur untuk anak-anak yang tongtek membangunkan warga sahur.“Pas tahun 2015 cuma tongtek biasa, terus ada yang memberi makanan sama minuman. Kemudian tahun 2016 jadi sahur bersama sampai sekarang,”tambah Ridwan.

Agenda semacam ini ternyata efektif untuk mengajak mereka yang malas bangun untuk makan sahur, dan membuat tetangga makin semangat berpuasa dan berbagi untuk sesama.

Reporter: Revan

Editor: A. Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!