wartaphoto

Berharap Berkah Melimpah dan Keselamatan, Dukutalit Gelar Sedekah Bumi

64
×

Berharap Berkah Melimpah dan Keselamatan, Dukutalit Gelar Sedekah Bumi

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net.JUWANA – Ribuan Warga Desa Dukutalit Kecamatan Juwana, bahkan dari luar Kota ramai-ramain mendatangi punden Ki Dukut Jumat pagi (5/7/19). Mereka berebut aneka hasil bumi
yang disusun berbentuk gunungan dalam rangkaian kegiatan sedekah bumi Dukutalit.

Gunungan yang diusung warga RT 1 RW 1 ini berisi hasil tani mulai dari sayuran, buah, ikan lele, bandeng, pindang dan emas. Sebelumnya gunungan tersebut di arak menuju punden Ki Dukut bersama dengan nasi berkat yang di bawa ribuan warga untuk didoakan bersama.

Mereka rela berdesakan hingga terjatuh guna mendapatkan isi gunungan yang diyakini membawa berkah tersebut bagi yang mendapatkanya.

Luhur Bagus Hadianto, Kades Dukutalit mengatakan bahwa rebutan gunungan ini adalah awal rangkaian sedekah bumi, sebagai bentuk rasa syukur masyarakat desa kami.

“Ini adalah tradisi tahunan di Desa Dukutalit yang menjadi awal acara rangkaian sedekah bumi, yang menjadikan daya tarik masyarakat, yang disakralkan setiap tahunya,”ucapnya

Dengan adanya sedekah bumi ini, dirinya berharap seluruh warganya mendapatkan berkah dan rejeki yang melimpah dari Allah SWT dan di jauhkan dari malapetaka.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!