wartaphoto

Kirab Budaya Puncaki Sedekah Bumi Wedusan Dukuhseti

97
×

Kirab Budaya Puncaki Sedekah Bumi Wedusan Dukuhseti

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTo.net.DUKUHSETI- Ribuan warga Desa Wedusan, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati turut memeriahkan kirab budaya Sedekah bumi desa setempat, pada Minggu (14/7/2019). Aneka ragam kreativitas warga ditampilkan. Ada yang menampilkan kostum gothic, keraton, hingga tuyul.

Kepala Desa Wedusan Suparmanto menyampaikan, kirab budaya kali ini lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya. Setidaknya, dari masing-masing rukun warga (RW) mengirimkan empat tim atau kelompok untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang merupakan rangkaian dari sedekah bumi tersebut.

“Antusias warga untuk berpartisipasi dalam kirab budaya kali ini sangat tinggi. Dengan semangat persatuan, mereka bersama-sama untuk ikut tampil dalam kirab budaya ini, ” ujarnya.

Menurutnya, kirab budaya ini merupakan Puncak dari rangkaian kegiatan sedekah bumi. Sebelumnya, juga telah dilaksanakan pawai motor dan mobil, turnament voli antar dukuh, big match voli antara tim voli dari Pati dan Semarang, kesenian barongan, wayang, band, tahtimul Quran dan pengajian.

Yang tidak kalah penting menurutnya, melalui kegiatan ini, masyarakat bisa guyub rukun untuk bersama-sama membangun desanya. Sehingga, upaya untuk menjadi desa yang maju bisa tercapai dengan adanya kebersamaan itu.

Supar menyampaikan, jika sedekah bumi yang digelar tersebut merupakan bagian dari ungkapan syukur kepada Tuhan, atas limpahan rezeki yang diberikan, khususnya berupa hasil bumi. Untuk itu, diharapkan, ke depan masyarakat Desa Wedusan bisa lebih sejahtera dan diberikan kesehatan.

“Selain itu, ini juga bagian dari upaya untuk melestarikan budaya yang sudah turun temurun. Semakin ke sini, tentu kami ingin, agar budaya ini tidak hilang bersamaan dengan berkembangnya zaman. Makanya, kita ajakmasyarakat agar kegiatan sedekah bumi ini diramaikan, ” ungkapnya.

Reporter: Arton

Editor: A. Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!