Kukuh Aprilianto, Atlit Panjat Tebing Pati Kantongi 2 Emas 1 Perunggu Pada Event Kejurprov FPTI 2019

  • Whatsapp

WARTAPHOTO.net. JATENG. Atlit Pati kembali menorehkan prestasi. Kali ini dari cabang Panjat Tebing pada event Kejurprov FPTI Kelompok Umur Jateng 2019, pada 10-14 Juli 2019 di Wall Climbing FPTI Banyumas Komplek GOR Satria Purwokerto.

Pada event kejurpov di Banyumas ini, (Federasi Panjat Tebing Indonesia) FPTI Pati mengirim 1 perwakilannya, Yaitu Kukuh Aprilianto. Kukuh Aprilianto berhasil meraih medali di semua nomor yang diikutinya, yaitu medali emas di Nomor Lead Junior Putra, Medali emas di Boulder Junior Putra dan medali perunggu di Speed World Record Putra.

Dengan perolehan ini, Kabupaten Pati melesat jauh ke peringkat 5 untuk perolehan medali dari semua kabupaten di Jawa Tengah.

Pada bulan September nanti Kukuh Aprilianto terpilih untuk mewakili Jawa Tengah di Event Kejurnas yang akan diselenggaraka di Kalimantan Selatan pada tanggal 26 Juli sampai 5 Agustus 2019. Pada tanggal 22-25 Juli nanti akan mengikuti training center yang diselenggarakan oleh FPTI Jawa Tengah di Wall CLimbing FPTI Jawa Tengah, Komplek Stadion Jatidiri Semarang.

Agus Armanto, Ketua Harian FPTI Pati, saat diwawancarai mengatakan bahwa prestasi yang gemilang ini merupakan buah hasil kerja keras selama bertahun-tahun, persaingan di Jawa Tengah sangat ketat, karena banyak atlit-atlit panjat tebing dari Jawa Tengah yang berprestasi di Kejuaraan Nasional ataupun diatasnya.

Kukuh sendiri sudah menekuni Panjat Tebing sejak kelas 2 SMP, dan sekarang kuliah di Jurusan Kepelatihan Olahraga di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Dengan posisi Kukuh di Jogja ternyata banyak membantu untuk berkembang, karena di Jogja sarana dan prasarana lengkap, dari mulai wall Climbing untuk Boulder, Lead dan Speed. Sementara kalau di Pati kita cuma punya wall CLimbing lead saja sehingga agak menjadi kendala untuk berprestasi di kategori-kategori lainnya. Untuk selanjutnya FPTI Pati sedang mempersiapkan untuk event kejurprov Panjat Tebing Pelajar yang rencana akan diselenggarakan bulan September nanti.

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah juga sempat hadir di GOR satria Banyumas, untuk memberikan support kepada para atlit-atlit panjat tebing kebanggaan Jawa Tengah yang diharapkan bisa mengikuti jejak senior-seniornya sebagai juara dunia. Pada tanggal 12 Juli, saat yang bersamaan dengan diselenggarakannya event kejurpov Kelompok Umur Panjat Tebing Jateng, Alfian M Fajri dari Jawa Tengah berhasil meraih medali emas untuk kedua kalinya di IFSC Climbing World Cup Chamonix, Perancis pada kategori Speed World Record. Beberapa tahun ini merupakan tahun kejayaan Panjat Tebing Indonesia, semoga tahun kedepan bisa lebih banyak lagi prestasi atlit-atlit indonesia di kancah Dunia.

Sebagaimana diketahui, Kejurprov FPTI Kelompok Umur Jateng 2019 merupakan kejuaraan tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Pengurus Provinsi FPTI  Jawa Tengah. Ada 26 nomor yang dipertandingkan dalam kejurprov kali ini dan ada 5 kelompok umur sebagai klasifikasi, yaitu Junior (18-19 tahun), Youth A (16-17 tahun), Youth B (14-15 tahun), Youth C (12-13 tahun), Youth D (10-11 tahun).

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *