wartaphoto

Mahasiswa Unissula, Ajak Pemuda di Gunungwungkal Kenali Budaya dan Potensi Lokal

21
×

Mahasiswa Unissula, Ajak Pemuda di Gunungwungkal Kenali Budaya dan Potensi Lokal

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. GUNUNGWUNGKAL – Sekumpulan mahasiswa yang tergabung dalam Pati Students Of Sultan Agung (PASSA) mengajak para warga, terutama pemuda untuk mengenali budaya-budaya lokal. Hal itu dilakukan dalam kegiatan bhakti sosial yang diadakan di Desa Gulangpongge Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati pada 28/08/19.

Mahasiswa asli Pati yang tergabung dalam PASSA menyelenggarakan pementasan  wayang golek dengan lakon lahire Aji Soko, untuk memperkenalkan budaya lokal.

Diluar dugaan, antusiasme warga sangat bagus. Terlihat juga para pemuda dan anak-anak yang sangat menikmati pementasan tersebut. “Kegiatan ini kami lakukan untuk melestarikan budaya Jawa agar para pemuda dan anak-anak juga tidak buta terhadap budaya Jawa,” ujar Ari shodiqin, Ketua umum Passa .

“Kegiatan yang kami lakukan di Desa Gulang Pongge Ini berlangsung selama empat hari, dalam rentetan acara ada beberapa kegitan yang disambut secara baik oleh warga sekitar, antara lain kegiatan sosialisasi sadar wisata dengan mendatangkan narasumber dari kelompok sadar wisata Kabupaten Pati. Karena potensi Desa Gulang Pongge tersebut yang memiliki banyak sekali objek pariwisata yang belum maksimal untuk pengelolaanya,” imbuhnya.

Selain mengajak warga mencintai budaya lokal, kegiatan Passa Mengabdi ini diadakan untuk saling berbagi rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Kegiatan Passa Mengabdi ini dilakukan untuk mengimplementasikan keilmuan para mahasiswa asli Pati untuk lebih bersosialisasi kepada masyarakat dan peka terhadap masyarakat yang membutuhkan. Karena Passa mempunyai misi dari Pati oleh Pati dan untuk Pati.

Passa juga mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang bekerja sama dengan puskesmas kecamatan Gunungwungkal dan bidan desa, dengan diselingi kegiatan bersih desa yang dilaksanakan di jalan daerah objek wisata.

“Acara terakhir sebagai acara penutupan dalam kegiatan Passa mengabdi adalah pengajian umum, santunan anak yatim dan dhuafa yang dilaksanakan di halaman rumah bapak kepala desa. acara pengajian selalu dilaksanakan PASSA karena menjadi kegiatan rutinan setiap tahunnya,” tandasnya.

Reporter: Putra

Editor: A. Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!