wartaphoto

Tapa Pendem Di Bendar Juwana Gegerkan Warga. Ternyata Ritual Ini Sudah Sembilan kali Dilakukan

161
×

Tapa Pendem Di Bendar Juwana Gegerkan Warga. Ternyata Ritual Ini Sudah Sembilan kali Dilakukan

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. PATI-  Masyarakat  Kabupaten Pati khususnya warga Desa Bendar Juwana mendadak heboh. Pasalnya,salah seorang warganya yang bernama Mbah Supani (63) wargar RT 3 RW 1 akan melangsungkan tapa pendem (bertapa di liang kubur). Rencananya,tapa pendem ini akan dilakukan pada 16/09/19 pukul 18.00 WIB.

Tapa pendem ini ternyata bukan yang pertama kali dilakukan. Namun sudah Sembilan kali, dan kali ini adalah yang kesepuluh. Semuanya dilakukan dalam waktu tiga hari berturut-turut.

Suyono, salah seorang keluarga mengatakan, tapa pendem adalah ritual yang sudah lama dilakukan oleh Mbah Pani. Caranya adalah dengan menguburkan diri di dalam tanah dan hanya dikasih lubang untuk pernapasan.

Dalam tapa pendem ini, lanjutnya, prosesnya adalah sama seperti jenazah yang akan dikubur. Nantinya, Mbah Pani juga akan dikafani kemudian disediakan bunga tujuh rupa. Untuk kedalaman liang kuburnya sendiri sedalam 3 meter. Lebarnya kurang lebih 1,5 meter. Di dalam kubur itu, sudah disediakan peti untuk tempat pertapaan. Pada posisi didalam liang tersebut, Mbah Pani juga akan dikasih bantal dari tanah atau yang orang jawa sebut gelu.

Jika prosesinya sudah lengkap, Mbah Pani ditinggal sendirian di dalam tanah. Kemudian petinya ditutup. Pihak keluarga berharap tapa pendem yang dilakukan Mbah Pani berjalan lancar dan tidak ada suatu halangan apapun.

“Karena ini yang terakhir, nanti tidak lagi tiga hari, tapi lima hari,” kata Mbah Pani pada Senin (16/9/2019).

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!