wartaphoto

Proyek Jalan Tambat Kapal Tersisa Waktu Tiga Bulan Lagi

79
×

Proyek Jalan Tambat Kapal Tersisa Waktu Tiga Bulan Lagi

Sebarkan artikel ini

 

WARTAPHOTO.net. JUWANA – Waktu pekerjaan peningkatan jalan menuju akses tambat kapal Juwana tersisa tiga bulan lagi. Pada pertengahan Desember nanti harus tuntas. Kini, pekerja tengah mengebut pekerjaan jalan dengan pagu proyek senilai hampir Rp 7 miliar itu. Selain meningkatkan akses jalan, juga membangun talut.

Pekerjaan peningkatan jalan dimulai dari arah masuk ke tambat kapal. Pekerja tengah memulai pekerjaan dengan membuat talut di jalan yang diperbaiki. Pembangunan talut itu juga disertai dengan pemasangan sheet pile. Supaya lebih kuat karena kontur tanah di lokasi lembek.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Ahmad Faisal melalui Kasi Peningkatan Jalan Hasto Utomo menyebut, perbaikan jalan menuju tambat kapal kini sudah dikerjakan setelah proses lelang selesai. Pekerjaannya dimulai akhir Agustus lalu dan ditarget ramping hingga pertengahan Desember nanti.

“Pekerjaannya meliputi pembetonan jalan dan pembangunan talut jalan serta pemasangan sheet pile. Sehingga total perbaikan jalan menuju tambat kapal rampung tahun ini. Total keseluruhan jalan yang diperbaiki dan dilebarkan sekitar 1,5 kilometer dilakukan bertahap,” jelasnya kemarin.

Pada perbaikan tahun ini juga membangun talut pasangan batu 600 meter di sisi jalan disertai pemasangan sheet pile beton di sisi sungai sekitar 150 meter. Untuk pemasangan sheet pile melanjutkan 2018 lalu. Jalan tersebut dipasangi talut dan sheet pile karena kondisi tanah di pinggir sungai lembek.

“Apabila tidak dipasang sheet pile, dikawatirkan talut jalan cepat rusak dan amblas. Mengingat banyak kendaraan besar yang nantinya akan melintas di jalan tersebut. Untuk tahun ini pemasangan sheet pile sekitar 150 meter dan pasangan batu kali sekitar 600 meter,” jelasnya.

Meski nanti pekerjaan jalan menuju akses tambat kapal dapat dituntaskan tahun ini, namun ada ruas jalan yang tidak dapat diperbaiki karena pemilik usaha pemindangan ikan di pinggir jalan itu belum mengizinkan untuk akses jalan. Sehingga memanfaatkan sedikit alur sungai di pinggir jalan.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!