UU Pesantren Jadi Kado Istimewa HSN

  • Whatsapp

WARTAPHOTO.net.PATI– Pengesahan UU Pesantren yang baru saja disahkan, menjadi kado istimewa di Hari Santri Nasional (HSN) 2019. Momentum yang jatuh pada 22 Oktober ini tentunya menjadi spirit bagi para santri untuk terus memperdalam agama.

Muhammad Zaim Jaelani, ketua HSN Pati mengatakan, Undang Undang (UU) pesantren sudah diketok, tentunya ini menjadi syukuran bagi para santri. Terlebih, santri menjadi bagian dari warga yang ikut memikirkan nasib bangsa. Dalam hal ini, tentu akan semakin menggugah spirit tokoh-tokoh terdahulu, baik perintis dan para pejuang.

”Mudah-mudahan anak –anak muda meneladani para tokoh yang ada. Karena resolusi jihad pertama kali jugaa dikumandangkan oleh Kiyai Hasyim Asyari,” jelasnya (22/10) kemarin.

Dirinya menambahkan, jika dengan adanya UU Pesantren, nantinya akan setara dengan sekolah umum. Baik dari ijazah serta aksesnya.

“Dengan diketoknya UU Pesantren ini, kami mendapat dua kado. Yang pertama dari undang-undang itu sendiri, dan yang kedua Wakil Presiden kita juga dari kalangan santri,” imbuhnya.

Zaim menambahkan, bahwa santri juga senantiasa turut memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam hal itu, nasionalisme santri tidak akan terciderai oleh persoalan anti pemerintahan ataupun anti undang-undang. Dalam pengajaran, di pesantren juga diajari soal nasionalisme.

“Melihat peta pergolakan global juga kita ajarkan. Agar santri tidak merasa aneh dengah aliran yang berbeda. Bahwasannya NKRI harga mati sebagaimana yang diajarkan dan menjadi prioritas,” ujarnya.

Secara garis besar, ia menyebut jika HSN harus diperingati secara semarak dari semua insan. Hal itu karena santri bagian dari bangsa. Karena sejatinya,  santri bukan hanya milik warga NU saja.

Sementara itu Kapolres Pati AKBP Jon Wesly mngatakan bahwa memang terjadi sinergitas antara polri dan masyarakat. Dari hal itu, hari santri tahun ini juga diselenggarakan di Mapolres.

“Kami berpesan khusus kepada santri, saya mengucapkan hari ulang tahun santri. Mudah-mudahan para generasi penerus bangsa yang memiliki kelebihan tertentu ini nantinya akan timbul pemimpin baru dari kalangan santri,” kata Kapolres Pati.

Reporter: Arton

Editor: A. Muhammad

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *