Kirab Budaya Meriahkan Haul Ki Ageng Ngerang Yang Ke 31

  • Whatsapp

WARTAPHOTO.net. JUWANA –  Memperingati Haul ke 31 Ki Ageng Ngerang, Ratusan Warga Desa Trimulyo Kecamatan Juwana mengikuti kirab budaya. Berbagai umur mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dengan menampilkan beberapa kreasi seperti pakaian adat, karnival, mobil hias, gunungan dan lainya. Tak ketinggalan tombak pusaka Ki Ageng Ngerang yang tahun lalu sudah di serahkan dari pihak Keraton Surakarta Hadiningrat turut di arak di barisan pertama, Minggu (10/11).

Bacaan Lainnya

Raden Tumenggung Sudarto Dipuro kepada wartaphoto.net mengatakan, kirab budaya ini dalam rangka memperingati Haul Ki Ageng dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kirab ini diikuti peserta dari perwakilan RT, komunitas adat Desa Trimulyo, komunitas adat yang ada di Kabupaten Pati dan komunitas adat dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

“Puncak acara Haul Ki Ageng Ngerang nantinya adalah pengajian akbar yang akan di hadiri oleh Habib Umar Munthohar dari Semarang, keluarga Keraton Surakarta Hadiningrat, Prof. DR. KH. Noer Nasroh dari Pondok Wali Songo Tuban dan Bupati Pati, dan sebelumnya ada Sholawatan dan Khataman AL Quran,” ucapnya.

Dia juga menambahkan bahwasanya Ki Ageng Ngerang dulu adalah salah satu ulama besar yang mempunyai keturunan dari Syeh Jumadil Kubro dan Syeh Maulana Magribi yang di tugaskan untuk syiar di wilayah pesisir Jawa yang tepatnya di Pati Timur.

“Setelah beliau meninggal, kemudian kami bersama para warga memperingatinya. Ki Ageng Ngerang sendiri mempunyai istri yaitu Nyai Ageng Ngerang Yang di makamkan di Desa Ngerang Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati,” paparnya.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

 

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *