wartaphoto

KPU Ajak Siswa Belajar Demokrasi di Rumah Pintar Pemilu

39
×

KPU Ajak Siswa Belajar Demokrasi di Rumah Pintar Pemilu

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net.PATI – Dalam rangka meningkatkan partisipasi dalam pemilihan umum (Pemilu) mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati, mengajak para siswa yang merupakan para pemilih pemula untuk belajar tentang perpolitikan dan demokrasi yang ada. Kegiatan itu bertempat di Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Pati (13/11).

Komisioner KPU Pati Haryono mengatakan, kegiatan itu merupakan kesempatan pertama setelah pemilu usai. Dengan itu, KPU Kembali menyapa masyarakat dengan memeperkenalkan rumah pintar pemilu lebih jauh. Hal itu terkait persoalan politik dan pemilu.

“Dengan ini kami mengundang teman-teman siswa sekolah untuk mengunjungi rumah pintar pemilu atau gardu demokrasi. Yang mana ini merupakan pusat pendidikan politik untuk warga masyarakat Pati, untuk mengenal lebih jauh terkait kepemiluan,” jelasnya.

Dengan itu, masyarakat bisa belajar dan melihat mekanisme pemilu dari masa ke masa. Berserta, proses yang mengiringinya. Tak hanya siswa sekolah, KPU juga mengundang Organisasi Masyarakat (Ormas), fatayat, komunitas disabilitas, mahasiswa, serta masyarakat umum.

“Di RPP ada pembelajaran untuk kepemiluan. Kita menyampaikan hasil dan proses, beserta dinamika. Harapannya kedepan agar dapat meningkatkan partisipasi pemilih,” tambahnya.

Sememtara itu, Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Muhammad Fadli mengatakan, itu merupakan kesempatan kali pertama untuk mengunjungi rumah pintar pemilu. Bahkan, ia bersama rekan-rekan bayank mendapatkan  pelajaran terkait pemilu terutama di kabupaten Pati.

“Kami mendapat edukasi dari rumah pintar ini. Kami selaku pemilih pemula, dengan adanya sosialisasi ini maka akan menjadi hal penting kedepannya, yaitu bagaimana pemilih pemula dapat mengetahui proses yang ada,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu, para siswa juga mendapatkan pelajaran mengenai e-voting. “Tetapi efisiensi dari pemilu, untuk penyelengaraan di Indonesia perlu di pertimbangkan,” tandasnya

Reporter: Putra

Editor: A. Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!