wartaphoto

Polres Pati Siagakan 1359 Personil Amankan Pilkades Serentak. Dua Desa Tergolong Rawan

114
×

Polres Pati Siagakan 1359 Personil Amankan Pilkades Serentak. Dua Desa Tergolong Rawan

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net.PATI – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Pati sebentar lagi akan dilaksanakan. Sejumlah 121 Desa akan melaksanakan pilkades pada 21 Desember 2019 mendatang. Demi keamanan, Polres Pati akan menyiagakan 1.359 personil.

Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun mengatakan, jumlah personel yang ditempatkan di masing-masing desa bergantung dari kategori desa tersebut. Apakah termasuk desa aman atau desa rawan. Ia menyebut, itu berdasarkan pemetaan kerawanan yang dilakukan Polres Pati.

“Penetapan desa rawan dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa indikator, antara lain sejarah Pilkades sebelumnya, calon yang tampil, potensi money politic, dan keberadaan pihak-pihak yang memainkan peran. Dua desa rawan itu mana saja, nanti saya cek lagi. Mohon maaf karena saya baru dua hari bertugas di Pati,” tandas mantan Kapolres Banyumas itu.

Personil ini merupakan gabungan yang terdiri atas personel Polres Pati, Polres tetangga, dan Polda Jawa Tengah. Di samping itu ada pula bantuan dari Brimob dan TNI. Penyiagaan pasukan sejumlah tersebut telah dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Pati.

“Terdapat dua desa yang terkategori rawan. Di kedua desa tersebut, akan disiagakan delapan personel. Adapun di desa yang terkategori aman akan disiagakan lima personel,” jelasnya kemarin.

Selain itu pihaknya akan memback-up lagi dengan anggota yang mobile, patroli. Mulai tanggal 20 akan disiagakan anggota yang berpatroli di desa-desa tersebut.

Reporter: Putra

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!