Patiwartaphoto

Ratusan Cakades Adakan Deklarasi Pilkades Damai, Siap Menang Siap Kalah.

61
×

Ratusan Cakades Adakan Deklarasi Pilkades Damai, Siap Menang Siap Kalah.

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net.PATI.  282 calon kepala desa (Cakades) yang akan berkompetisi pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak penandatangani kesepakatan Deklarasi Pilkades Damai. Penandatanganan tersebut, sebagai bentuk fakta integritas menciptakan kondusifitas wilayah yang damai selama penyelenggaraan pilkades serentak di 121 desa.

Penandatangan itu berlangsung usai pembekalan oleh Bupati Pati Haryanto, Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun, dan Dandim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, pendeklarasian pilkades damai itu untuk memotivasi calon maupun panitia agar pilkades berjalan dengan lancar. Tujuannya adalah mekanisme dan tahapan yang dilalui harus benar-benar dijalankan. Oleh karena itu mereka harus sudah menyiapkan mental apabila kalah.

“Jangan didahulukan emosinya, tapi kita berpikir hanya satu tapi direbut oleh beberapa orang itu. Saya harap, cakades menghormati hasil pilkades dan menerima kekalahan dengan lapang dada,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun mengatakan, untuk menjaga kondusifitas wilayah pihaknya akan melakukan sambangan atau patroli secara periodik terutama di desa-desa rawan konflik, yang sudah dipetakan. Bahkan minggu ini pihaknya akan membentuk Satgas anti money politik dan Satgas anti judi pilkades.

“Tujuannya untuk menyakinkan pilkades harus benar-benar sesuai aturan, dan tidak ada pihak-pihak yang merugikan salah satu lawan politiknya,” jelasnya.

Bagitu juga dengan Kodim 0718/Pati yang akan menerjunkan prajuritnya ke desa-desa yang menyelenggarakan Pilkdes. Hal itu diungkap Dandim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani. Bahwa pihaknya juga menyiapkan personil untuk mendukung pelaksanaan pilkades serentak di 121 desa.

“Seperti yang disampaikan Kapoles tadi tentu di wilayah-wilayah yang diprediksi timbul kerawanan. Tentu akan ada penebalan kekuatan dengan personil yang lebih banyak. Demikian juga bagi personil-personil yang di wilayahnya tidak ada pilkades, kita siagakan di Koramil-Koramil,” katanya.

Pada pilkades serentak ini, rencananya akan digelar di 122 desa namun dalam perjalanannya hingga tahap penetapan calon, pilkades di Desa Ngablak Kecamatan Cluwak ditunda pelaksanaanya karena permasalahan yang disinyalir akan berdampak rawan gugatan.

Reporter: Putra, Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!