wartaphoto

Peran Aktif dan Pemahaman Kaum Perempuan Dalam Ranah Politik Perlu Dikuatkan

90
×

Peran Aktif dan Pemahaman Kaum Perempuan Dalam Ranah Politik Perlu Dikuatkan

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net.JATENG – Pendidikan politik bagi perempuan dirasakan perlu dikuatkan kembali, terlebih porsi keseteraan perempuan kembali mendapat tempat. Oleh karenanya, Ikatan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (IGPAUD) Kabupaten Pati mengadakan pendidikan bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak,Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Jawa Tengah bertempat di TK Islamiyah 01 Saliyan Pati (12/12) kemarin.

Kasmu’in, selaku pemateri mengatakan, peran dan posisi kaum perempuan dalam politik harus ditekankan. Hal itu lantaran adanya ketidakseimbangan gender terlihat dari aspek seperi lingkungan keluarga, ekonomi, pekerjaan, dan pemerintahan termasuk dalam ranah politik.

“Permasalahan mengenai kesetaraan gender didukung dengan lambatnya pemahaman tentang gender intu sendiri. Anggapan masyarakat tradisional bahwa kaum perempuan hanya subjek yang berada dalam lingkup keluarga,” jelasnya.

Ketua DPD Persatuan Guru Mengaji (Perguji) Kabupetn Pati ini menyebut pengucilan-pengucilan berpikir itulah yang membuat peran perempuan dalam ekonomi, politik, dan pendidikan mesih memperihatinkan.

Sementara itu Pengurus Yayasan Pendidikan Muslimat (YPM) Kabupaten Pati Muarifah mengatakan, perempuan harus juga tahu tentang politik. Bahwa politik bukan hal yang tabu dan dianggap kotor.

“Walaupun kita dari pendidik dan muslimat, harus tahu dan tanggap karena politik harus dimulai dari pendidikan. Karena cara atau strategi kita yaitu perempuan harus punya wawasan luas,” katanya.

Terkait kesetaraan gender, ia menganggap bahwa wanita harus bisa dan mampu menjadi berpengaruh di segala lini. Terlebih dalam dunia pendidikan yang kini mereka emban.”Kita juga harus turut mencerdaskan bangsa. Itu melalui dunia pendidikan,” tandasnya.

Reporter: Putra

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!