wartaphoto

Unik, Perayaan Natal 2019 GITJ Juwana, Kental Dengan Nuansa Adat Jawa

234
×

Unik, Perayaan Natal 2019 GITJ Juwana, Kental Dengan Nuansa Adat Jawa

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. JUWANA – Ratusan umat kristiani Juwana melaksanakan Ibadah malam perayaan Natal di Gereja Injil Tanah Jawa (GITJ) Induk Juwana Kabupaten Pati, Rabu (25/12) malam. Prosesi perayaan Natal di GITJ ini sangat kental bernuansa adat Jawa mulai dari busana, hingga bahasa yang digunakan saat beribadah.

Tata panggung disetting dengan warna dominan hijau yang mencerminkan alam raya, gunungan dan bunga – bunga menggambarkan dinamika kehidupan. Janur melambangkan Sejatining Nur/ cahaya abadi sedangkan pohon natal yang terbuat dari anyaman bambu (besek) melambangkan keberkahan bagi dunia waktu lahir Yesus. Hal ini disimbolkan dengan penyalaan 7 cahaya Ilahi oleh 7 generasi perwakilan usia tua hingga anak – anak. Demikian diterangkan oleh Kristiani Sukarsih selaku ketua panitia perayaan Natal.

“Tahun ini kami mengambil tema Gusti Rawuh Dados Pepadhange Jagatyang mempunyai arti Tuhan datang menjadi terang dunia dengan nuansa budaya adat Jawa,” tuturnya.

Begitu harapan kami, lanjutnya, sesuai dengan tema yang ada tahun ini benar – benar membawa terang semuanya tanpa terkecuali. “Kehidupan kita bisa menjadi terang baik di lingkungan kecil, komunitas kecil sampai dengan komunitas yang lebih luas di masyarakat luas,”imbuhnya.

Panitia malam perayaan Natal juga mempersembahkan sebuah drama yang menceritakan manusia yang menyambut datangnya juru selamat, sebagai lahirnya harapan keselamatan dan suka cita

Malam perayaan Natal yang di mulai dari pukul 17.30 – 20.00 Wib terasa sangat khidmad dengan di iringi alunan musik dari gamelan.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!