wartaphoto

Wujud Toleransi, Warga Lintas Agama Akan Bersih-Bersih Klentheng Hok Tik Bio Pati

13
×

Wujud Toleransi, Warga Lintas Agama Akan Bersih-Bersih Klentheng Hok Tik Bio Pati

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. PATI – Warga lintas agama di Kota Pati akan bersih-bersih Klentheng Hok Tik Bio. Kegiatan ini sebagai bentuk toleransi antar umat beragama dalam menyambut pergantian tahun baru China atau Imlek 2571.

Hal itu mengingat, masyarakat Klentheng Hok Tik Bio Pati akan menggelar kirab budaya dan para dewa. Sementara, panitia penyelenggara kini mulai bersiap untuk memulai dengan sejumlah kegiatan, diantaranya membersihkan dewa-dewa yang tersimpan di dalam klentheng, maupun bersih-bersih disekitar lingkungan klentheng.

Ketua Klentheng Hok Tik Bio Pati Eddy Siswanto mengatakan, bersih-bersih klentheng itu akan dilakukan pada Minggu mendatang (12/1/3020). Saat bersih-bersih itu nanti, sejumlah warga lintas iman dan suku akan mengikuti kegiatan itu.

Sementara untuk rangkaian kegiatan lainnya, lanjut Eddy Siswanto, juga akan menyelenggarakan pasar imlek oleh pihak kedua. Klentheng menyerahkan kegiatan pasar imlek itu, karena panitia penyelenggara sebagian sudah lanjut usia.

“Nantinya pada H-1 Imlek, panitia penyelenggara akan membagi-bagikan dua ton kue ranjang kepada masyarakat dan pada puncak imlek akan diselenggarakan kirab budaya,” jelasnya.

Semantara itu, pada (25/1/2020) nanti akan diselenggarakan kirab budaya yang diikuti beberapa klentheng. Seperti mengikutsertakan Klentheng Chong Hok Bio Tluwah Juwana, King Hok Bio Demaan Juwana, serta Klenthengn Hok Tik Bio Pati. “Nanti juga ada empat barongsay, beberapa drum band serta dewa-dewa yang disakralkan di Klentheng Hok Tik Bio Pati,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!