Patiwartaphoto

BNPB Akan Sumbang 5000 Pohon Aren Untuk Lahan Kritis

10
×

BNPB Akan Sumbang 5000 Pohon Aren Untuk Lahan Kritis

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net.KAYEN – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Doni Monardo menyebut, BNPB akan sumbangkan 5000 pohon aren untuk lahan kritis di pegunungan kendeng. Hal itu diungkapnya usai melakukan penanaman di kawasan wisata Lorodan Semar Desa Sumbersari Kecamatan Kayen, Rabu (15/1).

Kepala BNPB menyebut, dengan itu Pemerintah Provinsi bersama masyarakat melakukan program untuk menghindari bencana. Seperti halnya banjir bandang dan tanah longsor.

“Karena ini jenis bencana yang bisa diantisipasi dan diketahui kapan terjadi. Oleh karena itu penanaman di sejumlah lahan kritis adalah perbuatan mulia. Karena masyarakat ikut menyelamatkan generasi mendatang. Dan nantinya akan memberikan amal jariyah,” jelasnya.

Setelah dilakukan penanaman, pihaknya mengimbau agar tidak hanya menanam saja. Tetapi juga merawat dan meyakinkan agar tumbuh dengan baik.

“Komitmen merawat pohon sangat penting,” imbuhnya

Sementara BNPB akan memberikan sumbangan pohon aren 5000 batang lantaran pohon tersebut bisa mnyimpan air. Apalagi, pohon yang sudah cukup usia akan menghasilkan nira tujuh sampai 10 liter perhari.

“Nanti akan mempunyai nilai ekonomis dari gula Jawa. Tentu ekologis dan ekonomis,” sebutnya.

Selain Aren, BNPB akan memberikan bantuan bantuan pohon akar wangi di tmpat-tempat rawan longsor dan tanggul yang mudah jebol.

“Nanti jumlahnya tergantung kebutuhan,” tandasnya.

Reporter: Arton, Putra

Editor: A. Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!