wartaphoto

Ganjar Pranowo Sebut Kerusakan Kendeng Lumayan Parah. Butuh Reboisasi

31
×

Ganjar Pranowo Sebut Kerusakan Kendeng Lumayan Parah. Butuh Reboisasi

Sebarkan artikel ini

 

WARTAPHOTO.net. KAYEN. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut serta dalam proses reboisasi di kawasan Pegunungan Kendeng, Rabu (15/1). Dirinya turut hadir bersama kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Forkopimda Kabupaten Pati.

Ganjar menyebut, semua wilayah sudah dipetakan. Alhasil, kondisi lingkungan rusak di sisi hulu.

“Jadi kedatangan kami dengan BNPB untuk melakukan penghijauan. Mudah-mudahan ini seluruh jalur kendeng bisa kita perbaiki kondisinya,” jelas Ganjar.

Gubernur Jateng itu menyebut, mulai hulu dilakukan perbaikan. Sehingga nantinya di wilayah tengah akan diperbaiki oleh pemerintah.

“Pencegahan (dari banjir) kita mulai dari sekarang. Dan ini tidak bisa secara tiba-tiba. Kita datang kesini sebagai bentuk kepedulian bersama,” tambah Ganjar.

Ganjar menilai, kondisi Kendeng saat ini lumayan parah. Sehingga sangat perlu dilakukan penghijauan.

“Menanam bukan tentang berapa yang ditanam. Tapi berapa yang hidup. Jadi polanya harus dirubah, dan elompok masyarakat harus bertanggungjawab untuk melakukan pengecekan,” katanya.

Setelah adanya penanaman, maka diperlukan sosialisasi kepada masyarakat agar jangan sampai menebang pohon.

“Jika banjir, kondisi masyarakat lain yang rugi. Ini sudah kita rasakan. Jadi perlu menyadarkan masyarakat pelan tapi pasti. Kita kampanyekan bersama,” imbuhnya.

Ganjar meminta agar perhutani nanti turut menanami jenis bibit apa saja. Jika ada kesulitan, maka diminta untuk segera melaporkan.

“Saya ingin Jateng jadi contoh (wilayah hijau). Kalau ada bencana jangan nyinyir  kita tolong bareng-bareng karena ini kemanusiaan,” tandasnya.

Reporter: Putra, Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!