wartaphoto

Bupati Singgung Masalah Buang Sampah di Sungai Dalam Diklat Cakades

42
×

Bupati Singgung Masalah Buang Sampah di Sungai Dalam Diklat Cakades

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net.PATI. Bupati Pati Haryanto, hari ini (27/10) membuka Diklat untuk para Calon Kepala Desa (Cakades) Terpilih hasil Pilkades serentak tahun 2019 di Ruang Penjawi Setda Kabupaten Pati. Dalam acara yang juga dihadiri Wakil Bupati Saiful Arifin (Safin) dan para Kepala OPD ini, Bupati juga menuturkan bahwa Diklat Cakades Terpilih ini dimaksudkan untuk memberikan bekal dahulu agar saat nanti melaksanakan tugas paling tidak Cakades Terpilih punya bekal ilmu.

Ilmu ini diberikan, lanjut Haryanto, karena saat nanti sudah dilantik, Kades dituntut serba bisa dan harus menjadi abdi masyarakat.

“Ibarat nyetir itu udah ada SIM nya” imbuh Haryanto.

Disela-sela sambutannya, Bupati juga menyinggung soal sampah yang diduga menjadi salah satu penyebab banjir yang terjadi di beberapa daerah di Kabupaten Pati.

“Para Calon Kades Terpilih ini saya harap bisa memberikan pemahaman kepada warganya agar jangan membuang sampah di sembarang tempat terutama di sungai. Karena bencana banjir di Pati akhir-akhir ini terjadi karena sampah yang menyumbat aliran sungai,” harap Bupati Pati Haryanto.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Pati Muhtar melaporkan bahwa Diklat ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi calon kades terpilih yang akan memimpin selama enam tahun ke depan.

“Agar dalam melaksanakan tugas pemerintahan desa nantinya dapat berjalan lancar”, imbuhnya.

Kemudian untuk Kades yang sudah pernah menjabat kemudian terpilih kembali, Diklat ini, lanjut Muhtar, bertujuan untuk merefresh kembali materi-materi atau pembekalan yang sudah pernah diterima, agar nantinya lebih matang lagi dalam melaksanakan tugas di pemerintahan desa sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) – nya.

Diklat ini, tambah Muhtar, dimulai tanggal 27 Januari hingga 1 Februari 2020 dengan 18 tema berbeda. Sedangkan gelombang 2 mulai tanggal 3-8 Februari 2020 bertempat di hotel New Merdeka.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!