wartaphoto

DKK Pati Berikan Pemahaman Soal Virus Corona Pada Masyarakat

22
×

DKK Pati Berikan Pemahaman Soal Virus Corona Pada Masyarakat

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. PATI. Mewabahnya virus corona di Provinsi Wuhan China, kini menjadi perbincangan dan diwaspadai oleh beberapa Negara, tak terkecuali di Indonesia. Bahkan beberapa rumah sakit mulai menyediakan ruang isolasi untuk perawatan mereka yang terdeteksi dan terinfeksi corona virus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati dr. Joko Leksono mengatakan, wabah virus korona di Wuhan China itu mirip dengan virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang pernah muncul pada tahun 2003. Sementara, perangai virus ini sama dan penyerangannya cepat.

Oleh karenanya,  Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) dirasa perlu memahamkan soal virus corona yang dapat menular dengan cepat dan mematikan kepada masyarakat.

Dirinya juga menegaskan, wabah korona ini tidak hanya membuat gelisah masyarakat awam, tapi juga kalangan yang berpendidikan. Hal ini lantaran penularannya yang semula dari hewan ke hewan, bermutasi dari hewan ke manusia, dan sekarang yang lebih menakutkan penularan dari manusia ke manusia.

“Memang ada pernyataan Menkes dan Menlu RI adanya sejumlah WNI yang ada di sana menyusul pemberlakuaan karantina oleh Pemerintah China. Serangan corona sama dengan SARS di bagian organ tubuh manusia yang sama juga diikuti dengan gejala demam tinggi mirip flu hingga mengakibatkan gagal nafas,” katanya.

Seperti arahan Dinas kesehatan Jateng, bila ditemukan adanya suspect (terduga) virus corono bisa dirujuk ke rumah sakit type B. Untuk di Pati baru satu di RSUD RAA Soewondo kemudian dikoordinasikan ke RSUP Karyadi Semarang type A.

“Memang untuk penyakit ini belum ada obatnya kecuali meningkatkan daya tubuh virus ini akan terusir dengan sendirinya,” jelasnya

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!