Dibalik Pemilihan Nama dan Konsep Le Vélo de Pati 118 Km

  • Whatsapp

WARTAPHOTO.net.NASIONAL. Pemilihan nama event Le Vélo de Pati  bagi pegiat sepeda, pecinta olahraga sepeda, serta atlit sepeda menuai perdebatan panjang dikalangan warganet. Rata-rata menilai bahwa istilah Le Velo de Pati kurang familiar di telinga, dan kurang menampilkan kearifan lokal Pati.

Edy Siswanto, Kasi Pembinaan Olahraga Berprestasi Bidang Keolahragaan Dinpora yang juga salah satu panitia menyebut pemilihan nama tersebut tidak serta merta.

“Dalam pemilihan nama dalam kegiatan ini tidak serta merta asal pilih. Banyak tokoh dan ahli yang kita minta pertimbangannya. Utamanya kata Le Velo de Pati (LVdP) ini dipilih sebagai bahasa marketing untuk menggaet sponsor. Termasuk juga untuk menunjukkan level kegiatan yang bukan kegiatan lokal. Tentunya kita tidak ingin seperti katak dalam tempurung. Kita coba show up,” tutur Edy, menjelaskan.

Diakuinya pula, pemilihan nama Le Velo de Pati ini untuk menarik peminat penggiat sepeda. Kegiatan ini bukan hanya kegiatan sepeda santai yang bertarget peserta lokal. Ini juga menarik minat peserta untuk pariwisata baik itu wisata alam, kuliner juga peluang investasi di Pati. Konsep ini ditujukan untuk mewujudkan sport tourism di Pati.

Ditilik dari sisi bahasa, Le Velo adalah bahasa perancis yang artisnya sepeda/ bersepeda. Le Velo de Pati artinya bersepeda Mengelilingi Kabupaten Pati. Lomba balap sepeda ini akan melalui 82 Desa dan 11 Kecamatan.

Le Vélo de Pati akan diselenggarakan pada hari Minggu, 1 Maret 2020 dengan titik Start di Alun-alun Kabupaten Pati dan Finish di Stadion Joyokusumo dengan jarak tempuh 118 KM. Diperkirakan acara dimulai pukul 05.30 WIB dan usai sebelum pukul 15.00 WIB.

Le Vélo de Pati  dibagi menjadi 2 ( dua ) kategori  Race dan Non Race. Kelas Race mempertandingkan kejuaraan khusus King and Queen of Mountain dimana peserta diadu kekuatan dan kecepatan untuk rute mendaki. Jarak tempuh kelas Race sejauh 8 KM.

Mereka akan memperebutkan total hadiah 85 juta rupiah, Trophy dan Doorprize ( 4 Sepeda dari United Bike dan Element )

Pitstop/ Check Point ada di tiga tempat yakni Kantor Kecamatan Juwana, Pitstop 2 Halaman Parkir Sport Center Safin Pati Football Academy, Pitstop 3 Waduk Gunung Rowo.

 

Reporter: Revan Zaen

Editor: A. Muhammad

Foto Ilustrasi: Official LVdP

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *