wartaphoto

Jalani Rapid Test, Sembilan Jurnalis Pati Negatif Covid-19.

33
×

Jalani Rapid Test, Sembilan Jurnalis Pati Negatif Covid-19.

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net.PATI. Berlokasi di komplek stadion Joyokusumo Pati,  8 Wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati, dan 1 Wartawan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) menjalani rapid test oleh  Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati.

Test ini mendesak dilakukan karena mereka sempat meliput langsung kegiatan bansos almarhum H. Imam Suroso di Pasar Puri, Jum’at (20/30) lalu. Sementara almarhum sendiri meninggal dunia saat menjalani perawatan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RSUP Dr Kariadi Semarang, Jumat (27/3).

Ketua PWI Pati, Moch Noor Efendi menyampaikan, apresiasinya kepada Pemkab Pati melalui Gugus Tugas Covid-19 Pati dan DKK Pati karena telah memfasilitasi rapid test kepada para jurnalis yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Perlu digaris bawahi bahwa teman-teman ini masuk dalam kategori ODP dan bukan PDP. Saya jelaskan, ODP merupakan orang yang mempunyai riwayat kontak dengan PDP, atau memilki riwayat bepergian di daerah yang memiliki kasus tinggi,” ujarnya.

Sehingga, ia meminta agar masyarakat bisa membedakan hal tersebut dan tidak berprasangka kepada seluruh ODP di kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani.

“Sembilan teman kami dan 1 teman dari IJTI memang agak pikiran karena stigma negatif masyarakat. Dari situ, kami mohon dukungannya kepada masyarakat, ini bukan aib, kita harus saling support,” pintanya.

Dirinya juga menyayangkan penyebaran hoaks yang sangat merugikan keberadaan teman-teman jurnalis, keluarganya dan anaknya yang langsung terimbas stigma negatif masyarakat.

“PWI mendukung langkah kepolisian untuk menindak tegas setiap penyebar hoaks terkait Covid- 19 di Pati. Kita harus saling bahu membahu cegah persebaran virus korona. Patuhi social distancing dan physical distancing,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Sembilan jurnalis PWI dan Satu jurnalis IJTI ini begitu mengetahui status almarhum langsung melakukan isolasi mandiri dengan dukungan penuh dari perusahaan media masing-masing untuk diijinkan menepi dan isolasi mandiri.

Menanggapi hasil rapid test ini, ketua PWI mengucapkan syukur. Namun, ia tetap menyerukan untuk tetap melanjutkan isolasi mandiri dan bekerja dari rumah (work from home). Pasca dinyatakan negatif, saat ini pun mereka tetap melanjutkan proses isolasi mandiri di rumah sampai  masa inkubasi 14 hari usai.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pati, Suharyono mengamini, jika hasil rapid test dari kesembilan jurnalis Pati adalah negatif. Namun standar operasional prosedur (SOP) harus tetap dijalani.

“Agar awak media menjaga kondisi kebugaran tubuh dan psikis, satu diantaranya dengan polah hidup bersih dan sehat (PHBS), cuci tangan pakai sabun (CTPS), mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, mengurangi stres, serta tidur minimal 6-8 jam per hari.

 

Reporter: Revan Zaen

Editor: A. Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!