wartaphoto

Cluwak Bermasker, Cara Warga Sosialiasikan dan Sadarkan Akan Bahaya Covid19

48
×

Cluwak Bermasker, Cara Warga Sosialiasikan dan Sadarkan Akan Bahaya Covid19

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. CLUWAK. Semua elemen masyarakat di wilayah Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati, bersatu melakukan pencegahan terhadap merebaknya wabah Covid-19. Bahkan warga Desa Kelet, Keling, Jepara  yang merupakan desa perbatasan berjarak kurang lebih 300 meter dari tapal batas jga turut serta.

Kegiatan itu melibatkan para donatur dari kalangan masyarakat dan pengusaha yang berada di wilayah Cluwak dengan membagi-bagikan sembako dan kebutuhan lain kepada warga yang layak menerima bantuan. Terutama mereka yang terlewatkan atau belum tercatat sebagai penerima bantuan dari pemerintah.

Aksi tersebut dilakukan dengan melibatkan anggota komunitas, Karang Taruna dan Komunitas Sosial Wong Cluwak di bawah komando Safiul Umam yang memiliki banyak anggota dari wilayah setempat.

Menurut Safiul Umam, Ketua Komunitas “Wong Cluwak” kegiatan dilakukan pada akhir pekan lalu. Komunitas Wong Cluwak dan ‘’Komunitas Selawe’’ yang didukung Forkompimcam Cluwak memberikan donasi 2.500 masker gratis kepada masyarakat Kecamatan Cluwak.

“Kegiatan yang bertajuk #CluwakBermasker, ini sekaligus memberikan sosialisasi dan upaya penyadaran masyarakat tentang bahaya pandemi Covid-19, terutamanya kepada masyarakat Kecamatan Cluwak,” ujarnya.

Hari pertama, kegiatan dipusatkan di Pasar Mbambang (Plaosan), diteruskan pembagian masker kepada warga masyarakat Desa Plaosan, Medani, Payak, Sirahan, Mojo, Karangsari, Sumur, dan Bleber.

“Sedangkan kegiatan tahap kedua, dipusatkan di Pasar Ngablak diteruskan ke warga di Desa Ngablak, Sentul, Ngawen, Gesengan, dan Gerit,” lanjutnya.

Kegiatan berbagi masker ini juga didukung dan kawal  bersama-sama oleh camat Cluwak, Polsek, dan Koramil, dengan melakukan konvoi kendaraan sambil berbagi masker sepanjang jalan yang dilalui.

Menurut Safiul, kesadaran pencegahan penyebaran Covid-19 ini oleh berbagai pihak dinilai sangat penting dilakukan. Hal ini karena Kecamatan Cluwak berada di perbatasan Kabupaten Pati dan Kabupaten Jepara, dimana di kedua wilayah ini sudah ada korban meninggal akibat positif Covid-19.

“Sehubungan itu, kewaspadaan harus semakin ditingkatkan karena sebagian besar masyarakat Kecamatan Cluwak tak hanya beraktifitas di Pati, tetapi juga di wilayah Jepara sebagai pusat kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!