Ratusan Pekerja Pati Terkena PHK, Disnaker Siap Bantu Pendaftaran Kartu Pra Kerja

  • Whatsapp

Ratusan pekerja dari Kabupaten Pati mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat pandemi virus Corona. Dalam hal itu, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) siap membantu pekerja yang di rumahkan untuk membuat kartu pra kerja.

Kepala Disnaker Pati Tri Hariyama menyebut. Pihaknya telah mendata sebanyak 112 orang yang tekena PHK maupun dirumahkan akibat pandemi corona.

Suasan pelayananan kartu pra kerja di Disnaker Pati

“Kemudian, jumlah pencari kerja ada 5.729 orang. Itu data mulai Januari sampai 11 April 2020,” ujarnya saat ditemui media (2/5/2020).

Namun, data yang ada langsung dikelola oleh Project Management Office (PMO)  yang ada di Kementerian Tenaga Kerja melalui mekanisme pendaftaran kartu prakerja. Lantaran, banyak yang mendaftarkan secara mandiri. Sehingga, pihaknya belum memiliki data terbaru terkait pekerja yang terdampak corona itu.

“Yang jelas, data selalu dinamis, bahkan bisa saja tiap menit berubah,” kata dia.

Tri menilai, bagi para pekerja yang dirumahkan dan di-PHK, serta para pencari kerja, program kartu prakerja merupakan solusi terbaik untuk saat ini.

“Masih dibuka pendaftaran, mudah-mudahan aturan tidak berubah, masih buka sampai November 2020, secara bergelombang,” jelasnya.

Tri menerangkan, bagi masyarakat yang kesulitan mendaftarkan diri, pihaknya memiliki dua posko yang bisa mereka datangi untuk mendapat bantuan, yakni di Kantor Disnaker dan Dinkop UMKM. Dalam hal itu, Disnaker memang tengah fokus untuk membantu masyarakat yang akan daftar Kartu Pra kerja tapi kesulitan mengakses internet.

Sementara dari data yang dihimpun wartaphoto, juga ada calon pekerja migran Indonesia yang gagal berangkat sebanyak 340 orang, serta 71 pekerja migran yang pulang. Juga, dari data terbaru, ada sejumlah 17 perkerja asal Pati yang terkena PHK dari Bali.

Reporter : Putra
Editor : Revan Zaen

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *