wartaphoto

Tim Menek Blimbing SMAN 1 Jakenan Sedekahkan Sembako Untuk Masyarakat dan Siswa Pra Sejahtera

52
×

Tim Menek Blimbing SMAN 1 Jakenan Sedekahkan Sembako Untuk Masyarakat dan Siswa Pra Sejahtera

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. PATI. Pandemi korona yang mengakibatkan sekolah tidak melakukan aktivitas langsung disekolah bukan berarti tidak bisa mengejarkan anak sifat-sifat yang mulia. Sebagaimana yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jakenan, mereka mengajarkan muridnya untuk memberikan dan mengantarkan langsung bantuan kepada masyarakat pra sejahtera dan siswa yang pra sejahtera.

Uniknya, bantuan ini adalah sedekah sukarela yang biasanya tiap jumat dipakai untuk menyediakan makanan bungkus mereka yang salat jumat di sekolah. Berhubung telah lama tidak masuk sekolah, sementara dana tersedia cukup banyak, sehingga dialihkan untuk sedekah ke masyarakat.

Kepala SMAN 1 Jakenan, Wiyarso, S.Pd.,M.M. mengawali penyerahan tersebut kepada siswa kurang mampu

“Atas persetujuan para donatur, kami dan anak-anak yang tergabung dalam tim menek blimbing membelikan sembako untuk diantarkan kepada masyarakat dan siswa pra sejahtera,” ujar Kepala SMAN 1 Jakenan, Wiyarso, S.Pd.,M.M. yang mendukung penuh kegiatan ini.

Ada 82 Paket sembako yang dibelanjakan dan diantarkan oleh siswa langsung ke rumah sasaran. Diantaranya untuk masyarakat pra sejahtera.

Guru sekaligus koordinator kegiatan ini, Varuni Dian Wijayanti mengungkapkan bahwa selain dari dana jumat berkah, tambahan donasi dari alumni juga cukup membantu untuk ikut serta disedekahkan.

“Sedekah ini kami arahkan kepada keluarga siswa yang pra sejahtera karena latar belakang siswa yang beragam. Banyak pula yang berangkat dari keluarga yatim piatu, dan keluarga yang pas-pasan. Sehingga anak-anak yang setidaknya diwakili tim menek blimbing ini bisa belajar berempati dan peduli kepada sesama,” ujar Bu Nunik, panggilan akrabnya.

 

Siswa Mengantarkan langsung kerumah masyarakat

Indah Permata Nusantara, salah satu siswa yang turut serta mengantarkan sedekah tersebut merasa hal tersebut hendaknya dilanjutkan dan ditingkatkan.

“Jadi dengan adanya kegiatan pembagian sembako, dapat mendorong kita untuk lebih mengerti dan memahami sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial. Salah satu bentuk kesadaran bahwa kita harus hidup dengan saling membantu orang lain. Selain itu, semua pihak juga pasti akan merasakan hikmahnya. Sekacau apapun kondisi sekarang, jika niat kita baik maka InsyaAllah pasti akan ada jalan untuk setiap kebaikan yang akan kita bagi,” kata siswa kelas XI IPA 8 ini.

Reporter: Revan Zaen

Editor: A. Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!