Aktivitas Pembongkaran Muatan Kapal di Juwana Diliburkan, 26 Mei Kembali Dilanjut

  • Whatsapp

WARTAPHOTO.net. JUWANA – Aktivitas pembongkaran muatan kapal di TPI Juwana akan libur sejak 23 hingga 25 Mei 2020 mendatang. Sementara, pada tanggal 26 nanti, aktivitas baru dilanjutkan kembali.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Urusan Teknik Lelang TPI Juwana Unit 2, Win Ice Setyo Edi, (21/22/2020) kemarin. Menurutnya,  hari ini tetap ada pelayanan. namun, aktivitas sudah berkurang.

“Sebab sejak H-7 lebaran, aktivitas pembongkaran ikan sudah mulai menurun. Hal ini disebabkan sudah mulai tutupnya pabrik, dan berkurangnya aktivitas pengiriman dan cold storage,” ujarnya.

Hingga kemarin, hanya ada enam kapal yang berkegiatan di TPI Juwana. Itu pun, dua kapal di antaranya baru akan bongkar muat usai lebaran. Di antara kapal-kapal yang telah berlabuh, diperkirakan hanya tersisa 10 yang akan bongkar setelah lebaran.

“Namun, kapal-kapal yang datang ini belum semuanya. Terkadang ada yang H-1 atau hari H baru pulang. Tujuannya memang dibongkar setelah lebaran dengan harga otomatis ada peningkatan,” tambahnya.

Pihaknya juga telah mencatat sekitar 1.000 kapal yang tiba di Juwana. Sebanyak 250 di antaranya beraktivitas di TPI unit 2. Selebihnya di TPI unit 1. Untuk di TPI unit 2, khusus kapal purse seine maupun penampung. Sedang, di unit 1 untuk kapal cakalan, cumi, cantrang, dan holler atau pancing.

“Selama Ramadan memang aktivitas kapal di juwana meningkat dibanding bulan lain. Apalagi tiap mendekati lebaran, selalu ada kepadatan kapal. Namun, tahun ini tidak ada kemacetan lalu-lintas kapal yang berarti. Karena setiap tahun pelayanan tim terpadu maritim selalu ditingkatkan. Alur sudah ditangani secara baik. Ada juga pos yang siaga 24 jam,” pungkasnya.

Reporter : Putra
Editor : Revan Zaen

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *