Pati

Kesadaran Penerapan Protokol Kesehatan Rendah, Pos Penjagaan di Pasar Akan Ditambah

27
×

Kesadaran Penerapan Protokol Kesehatan Rendah, Pos Penjagaan di Pasar Akan Ditambah

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net –  Kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat berkunjung ke pasar tergolong masih sangat rendah. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Satpol PP Kabupaten Pati Hadi Santosa.

Menurutnya, ketika warga di pos penjagaan, mereka masih mau memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak. Namun, saat di dalam pasar, sudah tidak demikian.

“Kami melakukan patroli keliling di dalam pasar, masih banyak masyarakat yang tidak memakai masker dengan benar dan tidak menjaga jarak,” jelasnya (15/6/2020).

Oleh karena itu pihaknya mengatakan masih perlunya edukasi maupun sosialisasi ke masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan.

Bahkan, lanjut Hadi Santosa, nantinya akan ada rapid test lanjutan di beberapa pasar yang belum melaksanakannya. Yaitu, Pasar Gabus, Pasar Sukolilo, Pasar Tambakromo, Pasar Runting Tambaharjo, Pasar Ngemplak Margoyoso, Pasar Kuniran Batangan, Pasar Tlogowungu, Pasar Sumberrejo Jaken dan Pasar Karaban.

“Rapid tes di pasar – pasar ini akan dimulai kembali pada Hari Rabu 17 Juni 2020. Untuk jadwal harinya mulai Rabu, Kamis, Sabtu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Senin dan Selasa,” kata dia.

Selain itu, berdasarkan rapat bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Pati, bahwa ada penambahan pos penjagaan di beberapa pasar. Yaitu Pasar Hewan Winong, Pasar Hewan Margorejo, Pasar Puncel, Pasar Ngablak, Pasar Trangkil, Pasar Runting dan Pasar Bulumanis.

“Nantinya akan dijaga dari pihak Polri, TNI, Satpol, dan Linmas,” jelasnya.

Menurut Hadi, penjagaan itu dilakukan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, juga dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada pengunjung yang masuk pasar. Serta, ada pembagian masker bagi pengunjung yang tidak memakai masker.

“Kami juga melakukan penjagaan di Stadion Joyokusumo Pati. Sebab setiap hari Minggu pagi, Stadion ternyata begitu ramai digunakan masyarakat untuk berbagai aktivitas,” tandasnya.

Reporter : Putra
Editor : Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!