PatiRembang

Pembangunan Embung Sukoagung Batangan Rampung, Manfaatnya Bakal Dirasakan Warga Pati dan Rembang

287
×

Pembangunan Embung Sukoagung Batangan Rampung, Manfaatnya Bakal Dirasakan Warga Pati dan Rembang

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. BATANGAN. Pembangunan Embung Sukoagung oleh Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana (BBWS) telah rampung dan akan bermanfaat bagi warga. Embung ini berada di lahan seluas 12 hektar. Namun yang dipakai untuk pengairan kurang lebih sekitar 3,6 hektar.

Bupati mengungkapkan manfaat embung untuk pengairan di wilayah sekitar desa Sukoagung, Kecamatan Batangan. Menurutnya dengan adanya embung di desa- desa bisa menjadi tadah hujan yang membantu para petani untuk pengairan sawah.

“Tanah ini merupakan milik negara yang kemudian disertifikatkan Pemda untuk diusulkan menjadi pembangunan embung di BBWS sungai Juwana,” kata Bupati yang hadir bersama Wakil Bupati Saiful Arifin, Dandim, Kapolres, Sekda dan seluruh Kepala OPD dengan bersepeda.

Bupati menjelaskan untuk saluran irigasi di Kecamatan Batangan tidak memungkinkan jika hanya mengandalkan embung Sukoagung. Ia mengatakan saat ini Waduk Randugunting yang berada di wilayah Kecamatan Jakenan, Jaken dan Batangan dalam proses pembangunan.

Tak hanya Kabupaten Pati yang akan mendapatkan manfaat dari waduk ini, Kabupaten Rembang pun akan menggunakan pengairan dari Waduk Randugunting.

“Waduk ini berada di tanah milik Perhutani. Nanti yang memanfaatkan sebagian Kabupaten Rembang dan sebagian Kabupaten Pati,” imbuh Bupati pada Jumat (19/6).

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!