Pati

Hanya Sekolah di Zona Hijau yang Diperkenankan buka, Pati Tidak Termasuk

14
×

Hanya Sekolah di Zona Hijau yang Diperkenankan buka, Pati Tidak Termasuk

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. PATI – Bupati Pati Haryanto Rabu pagi (15/7/2020) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah sekolah.  Sidak tersebut dilakukan guna memastikan pelaksanaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi para siswa baru dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dan mengutamakan daring.

Dirinya juga mengingatkan bahwa pelaksanaan MPLS secara virtual memang yang pihaknya kehendaki sejak awal. Sebab, sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri (Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri), hanya sekolah di zona hijau yang diperkenankan buka. Pati tidak termasuk.

“Kemarin ada yang mengajukan izin untuk melaksanakan MPLS. Saya kasih izin satu kelas per hari. Artinya, kalau punya 12 kelas, berarti 12 hari. Itu pun waktunya dibatasi hanya dua jam. Tapi ternyata sekolah-sekolah yang saya datangi hari ini melaksanakan secara virtual-daring,” ujar Bupati Haryanto.

Sidak kali ini dilakukan di SMPN 5 Pati, MAN 1 Pati dan SMAN 1 Pati. Hasilnya, sekolah-sekolah yang didatanginya ternyata melaksanakan secara virtual-daring.

Menurut dia, seandainya masa pengenalan lingkungan dilaksanakan secara tatap muka, mungkin pemantauan di sekolah masih mudah dilaksanakan. Namun, ketika para siswa pulang, pemantauan sulit dilakukan.

“Kita tidak tahu, apakah mereka langsung pulang atau mampir main ke mana dulu. Itu yang kita khawatirkan,” ucap Haryanto.

Seandainya dalam pemantauan ditemukan sekolah yang masih menjalankan MPLS secara tatap muka sesuai ketentuan satu kelas per hari, pihaknya akan mengarahkan mereka untuk menjalankan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Jadi kita menunggu kondisi aman. Baik sekolah negeri maupun swasta akan kami pantau secara masif agar rasa was-was terkait keselamatan jiwa ini tidak semakin mengkhawatirkan,” terangnya

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!