wartaphoto

Dispertan Pati Siapkan Petugas Pemantau Kesehatan Hewan Kurban

19
×

Dispertan Pati Siapkan Petugas Pemantau Kesehatan Hewan Kurban

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net – Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Pati telah menyampaikan surat edaran untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi covid-19. Sementara, ketersediaan dan kesehatan hewan kurban sendiri, Dispertan telah menyiapkan petugas untuk memantau di pasar-pasar hewan, maupun pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dan sesudah disembelih.

“Ini membentuk tim pemantau kesehatan ya, yang ada di dinas akan memantau di kota dan sekitarnya, maupun yang ada di wilayah-wilayah. Kalau di tingkat kabupaten/kota nanti dikoordinir oleh dokter hewan dengan tim pemantaunya,” jelas Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Pati Muhtar Effendi (23/7/2020).

Sementara terkait surat edaran itu, Dispertan Pati telah menyampaikan sampai ke masjid-masjid dan kepada panitia pelaksana kurban. Hal ini untuk memastikan hewan-hewan sebelihan di seluruh Kabupaten Pati sehat, dan dagingnya aman untuk dikonsumsi masyarakat.

“Untuk memastikan kesehatan hewan sebelum dipotong, H-1 kita akan lakukan pemeriksaan rutin terhadap hewan kurban baik bentuk luarnya (fisik), yang pasti bebas dari penyakit. Pada hari H-nya ketika disembelih, daging terutama di bagian hati yang ada cacing pitanya tidak boleh diberikan kepada masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, dari pantauan Wartaphoto.net, pasar hewan yang ada di Desa Lahar, Kecamatan Tlogowungu juga mulai ramai pengunjung menjelang hari raya Idul Adha ini.

Reporter : Putra
Editor : Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!