wartaphoto

Operasi Patuh Candi 2020, Tak Hanya Tertibkan Pelanggar Lalu Lintas Tetapi Juga Penerapan Protokol Kesehatan

18
×

Operasi Patuh Candi 2020, Tak Hanya Tertibkan Pelanggar Lalu Lintas Tetapi Juga Penerapan Protokol Kesehatan

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. PATI – Giat Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Candi 2020 dilaksanakan di halaman depan Mapolres Pati (23/07). Apel dipimpin langsung Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa’at, S.I.K. Bertindak sebagai Komandan Apel, IPTU Suyadi (Kanit Turjawali Satlantas Polres Pati).

Operasi Patuh Candi 2020 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasalnya tahun ini tak hanya menertibkan para pelanggar, tapi juga protokol kesehatan. Seperti diketahui, untuk pertama kalinya Operasi Patuh Candi bakal digelar ditengah pandemi Covid-19 selama 14 hari serentak diseluruh Indonesia.

Sambutan tertulis Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K. dibacakan langsung oleh Kapolres Pati. Operasi Patuh Candi 2020 ini adalah Cipta kondisi kamseltibcarlantas pasca Idul Fitri 1441 H ditengah mewabahnya Covid 19 pada masa adaptasi kebiasaan baru di wilayah hukum Polda Jateng.

“Karena operasi nasional ini dilaksanakan ditengah pandemi covid-19, penindakan pelanggar lalu lintas kali ini akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Lebih mengutamakan pencegahan dan edukasi terlebih dahulu, selebihnya berupa teguran, sosialisasi dan ajakan untuk mentaati aturan lalu lintas. Menggunakan masker bagi yang masih membandel, phisical distancing, juga memakai sarung tangan saat berkendara sepeda motor.” tegas Kapolres Pati.

Kapolres menekankan, pada Operasi Patuh Candi 2020 kali ini, petugas wajib mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan berpedoman pada SOP yang ada. “Hindari tindakan pungli serta melakukan tugas operasi patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat,” amanatnya.

Meski demikian, Operasi Patuh Candi kali ini tetap mengedepankan tindakan preventif namun penegakan hukum juga tetap dilaksanakan. Tidak seperti Operasi Ketupat kemarin, tidak melakukan penindakan. Dalam Operasi Patuh ini bisa dilakukan penindakan seperti pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Reporter: Arton

Editor: A. Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!