Patiwartaphoto

Forum Komunikasi Pengasuh Pesantren Tegaskan Keadaan Pondok di Kajen Kondusif

91
×

Forum Komunikasi Pengasuh Pesantren Tegaskan Keadaan Pondok di Kajen Kondusif

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net, MARGOYOSO – 52 pengasuh Pondok yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pengasuh Pesantren Kajen (FKPPK) dan sekitarnya, mengadakan pertemuan dengan pemerintah kabupaten Pati yang diwakili oleh Asisten I Sekda Muhtar dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati Edy Siswanto, bertempat di Masjid Kajen, (4/8) malam.

Adanya pertemuan tersebut guna membahas terkait beredarnya berita beragam yang bisa meresahkan masyarakat terkait dengan penyebaran Covid-19 di Kajen. Selain itu juga memberi informasi yang benar kepada pihak pemerintah daerah terkait segala upaya yang dilakukan FKPPK terkait permasalah tersebut. Sehingga adanya pemahaman yang jelas bahwa beberapa santri yang positif Covid-19 berasal dari satu Ponpes yang sama dan sudah ditangani sesuai dengan prosedur yang berlaku. Sedangkan, Pondok lainnya  dalam keadaan kondusif dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan yang tegas.

Dari hasil pertemuan ini juga diharapkan bisa memberi gambaran dan pemahaman bersama di masyarakat bahwa kondisi pesantren di Kajen dalam keadaan kondusif. Di Kajen dan sekitar terdapat 64 Pesantren dan para santri yang positif covid-19 berasal dari salah satu pesantren yang ada.

Kasatgas Covid-19 FKPPK, Itqonul Hakim menyampaikan bahwa adanya penertiban santri Kajen dan sekitarnya dengan membentuk satgas jogo santri di setiap Pesantren yang bertugas memperketat penjagaan agar para santri tetap beraktivitas di dalam pondok dan tidak keluar dari lingkungan.

“Upaya ini berjalan dengan baik, sebab ada kesadaran bersama dikalangan pengasuh, pengurus pondok, santri dan juga masyarakat. Langkah ini diambil sebagai upaya preventif terhadap penyebaran Covid-19 agar tidak meluas di Pesantren yang lain maupun di masyarakat umum,” tegasnya.

Sementara itu, KH. M. Mujiburrohman selaku Koordinator FKPPK mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan beberapa maklumat.

“Maklumat itu dikeluarkan tidak untuk menyudutkan atau membuat stigma negatif salah satu pihak. Hal ini diambil sebagai upaya pencegahan dan memberi informasi yang jelas kepada masyarakat khususnya pesantren di Kajen dan sekitarnya untuk bersama-sama membangun kesadaran bersama dalam mengahadapi Covid-18,” kata dia.

Selain itu, FKPPK selama ini juga terus melakukan komunikasi dengan Bupati selaku ketua Satgas Covid-19 Pemkab, DKK, dan juga Puskesmas terkait penanggulangan dan segala upaya pencegahannya.

Dalam pertemuan itu Bupati Pati yang di wakili oleh Asisten I Sekda Pati Muhtar, menyampaikan Apresiasi kepada FKPPK yang ikut membantu pemerintah dalam melakukan tindakan pencegahan dan penanganan covid-19 terhadap santri.

“Karena memang ini masalah global yang harus dihadapi bersama-sama,” kata dia.

Untuk diketahui, sebelumnya terdapat sembilan santri di salah satu pesantren yang berada di Kajen dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab. Bahkan, sejumlah pengasuh di pesantren tersebut juga dinyatakan positif corona.

Repoter : Putra
Editor : Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!