Patiwartaphoto

Mahasiswa KKN-T UPGRIS Latih Warga Desa Perdopo Membuat Minuman Tradisional dari Rempah-Rempah

81
×

Mahasiswa KKN-T UPGRIS Latih Warga Desa Perdopo Membuat Minuman Tradisional dari Rempah-Rempah

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET, GUNUNGWUNGKAL – Warga Desa Perdopo, Kecamatan Gunungwungkal, Pati, dilatih membuat minuman tradisional dari rempah-rempah oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T).

“Pandemi Covid-19 ini tak kunjung selesai, semakin hari semakin bertambah. Namun ada banyak cara untuk melindungi diri dari virus corona. Selain dengan melakukan social distancing, mengonsumsi minuman tradisional juga bisa jadi tambahan yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” jelas Mellania Nur ‘Aisyah, (16/9/2020).

Lebih dari itu, Mellania mengatakan jika Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya dengan rempah-rempah. Kekayaan  tersebut pun diejawantahkan dengan berbagai bentuk.

“Salah satunya dalam bentuk minuman tradisional. Selain menyehatkan, minuman rempah tersebut juga berkhasiat untuk menguatkan imun tubuh agar tak mudah terserang berbagai penyakit,” tambah dia.

Mahasiswa UPGRIS ini menyebut, bahan rempah yang digunakan dalam pembuatan minuman tradisional tersebut ialah kunyit putih, kunyit kuning, jahe, temulawak, lempuyang, dan temu kunci.

“Bahan – bahan tersebut sangat mudah dijumpai di lingkungan sekitar. Dengan adanya program pelatihan ini saya harap masyarakat dapat menerapkannya sendiri di rumah,” tandas dia.

Untuk diketahui, KKN Tematik Covid-19 merupakan aktualisasi kolaborasi Ditjen Dikti Kemdikbud bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Rektor Perguruan Tinggi dan pemangku kepentingan terkait (hingga tingkat daerah).

Reporter : Putra
Editor : Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!