Pati

BPBD Pati Telah Salurkan 190 Tangki Air Bersih ke 25 Desa di 10 Kecamatan

28
×

BPBD Pati Telah Salurkan 190 Tangki Air Bersih ke 25 Desa di 10 Kecamatan

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET. PATI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati telah menyalurkan bantuan air bersih ke 25 desa di 10 kecamatan. Total bantuan air bersih yang telah disalurkan ialah 190 tangki, terhitung sejak 25 Agustus hingga 20 Oktober 2020.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Pati Martinus Budi Prasetya mengatakan, penyaluran air bersih hingga hari ini masih terus berlangsung.

“Hari ini kami dropping tiga tangki di Desa Keben Kecamatan Tambakromo, dan dua tangki di Desa Tanjungsekar Kecamatan Pucakwangi,” ujar dia ketika diwawancarai di kantornya, Rabu (21/10/2020).

Martinus mengatakan, untuk mengantisipasi kekeringan tahun ini, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 300 tangki air bersih untuk disalurkan. Namun menurutnya, kekeringan tahun ini tidak separah tahun lalu. Sebab, kemarau tahun ini lebih basah dibandingkan dengan tahun lalu.

“Beberapa tempat yang biasanya langganan dropping air bersih, hingga hari ini tidak mengajukan permohonan bantuan,” kata Martinus.

Ia menyebut, beberapa desa  yang sering mengalami kekeringan hingga hari ini tidak mengajukan permohonan. Adapun desa-desa itu ialah di Kecamatan Pucakwangi, yakni Mencon, Kletek, Terteg, Sitimulyo, dan Pucakwangi. Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa mereka masih bisa mencukupi kebutuhan air bersih.

“Artinya kekeringan tahun ini tidak separah 2019. Ada juga beberapa desa yang sudah mulai turun hujan kemudian membatalkan permohonan bantuan dropping karena sudah ada air,” jelas dia.

Berikut adalah daftar kecamatan dan desa yang hingga 20 Oktober 2020 terdata mengalami kekeringan dan telah diberi bantuan air bersih oleh BPBD.

Di Kecamatan Jakenan, ialah Desa Kedungmulyo, Sidoarum, Telogorejo, dan Sendangsoko. Sementara di Kecamatan Gabus, Desa Pantirejo dan Soko.

Adapun untuk di Kecamatan Pucakwangi, ialah Desa Karangrejo, Lumbungmas, Karangwotan, Tanjungsekar, dan Pelemgede. Sedangkan di Kecamatan Winong, adalah Desa Degan, Pekalongan, Tawangrejo, dan Sumbermulyo.

Adapun Kecamatan Batangan, ialah Desa Pecangaan dan Gajahkumpul. Di Kecamatan Kayen ialah Desa Boloagung dan Pesagi. Sementara Kecamatan Pati adalah Kelurahan Pati Kidul.

Sementara itu di Kecamatan Juwana, adalah Desa Sejomulyo. Kecamatan Tambakromo ialah Desa Sinomwidodo, Keben, dan Wukirsari. Sedangkan Kecamatan Jaken adalah Desa Ronggo.

Reporter : Putra
Editor : Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!