Pati

Pemkab Pati Segera Miliki Laboratorium PCR, Beroperasi Mulai 6 November

115
×

Pemkab Pati Segera Miliki Laboratorium PCR, Beroperasi Mulai 6 November

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net.PATI. Pada Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (2/11), Bupati Pati Hayanto mengungkapkan bahwa akan segera dioperasikan satu laboratorium PCR. Tepatnya Lab PCR ini akan ditempatkan di UPT RAA Soewondo Pati, yang mulai dioperasikan pada 6 November mendatang.

Rapat ini diikuti pula oleh Wakil Bupati, Sekda, Kepala OPD terkait dan para camat.

Bupati selaku Ketua Tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 menyampaikan, pembangunan laboratorium PCR bertujuan agar bisa segera menangani wabah corona dan memutus mata rantai penyebarannya di Kabupaten Pati.

“Karena dengan memiliki laboratorium PCR sampel tes-nya tidak lagi dikirim ke luar wilayah seperti Semarang atau Jogja, sehingga hasil tes swab tidak menunggu lama,” jelas Bupati.

Dengan dimilikinya lab PCR ini, juga akan diperoleh kejelasan jika ada orang meninggal, bisa segera muncul hasil labnya. Apakah positif atau negatif covid.

Hal ini sebagai upaya menjawab keluhan dari masyarakat terkait isu bahwa rumah sakit meng-covid-kan pasien.

“Sebab tidak ada upaya mendiagnosis pasien menjadi Covid, karena proses penanganan pasien Covid-19 memiliki standar sendiri,” tegas Bupati.

Bupati mengungkapkan, tes swab juga bisa diterapkan pada orang yang meninggal dan segera muncul hasilnya. Dengan begitu masyarakat langsung bisa mengetahui apakah orang yang meninggal tersebut positif Covid atau tidak.

Di kesempatan yang sama, Plt Kepala UPT RSUD RAA Soewondo Pati Pirno dalam Rakor covid-19 menyampaikan gedung Laboratorium PCR, alat perlengkapan PCR, maupun SDM sudah siap dan izin operasional juga sudah dikonsultasikan kepada Kementerian Kesehatan. Ia menjelaskan bahwa izin pembukaan Laboratorium PCR melekat pada izin operasional rumah sakit.

“Hanya saja, ada persyaratan khusus untuk memiliki Laboratorium PCR yang harus dipenuhi untuk didaftarkan secara online,” imbuhnya.

Pirno menyebutkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pati akan dilaporkan ke Dinas Kesehatan Jateng. Selanjutnya, Dinas Kesehatan Provinsi bakal melakukan visitasi ke UPT RSUD RAA Soewondo Pati, untuk memastikan seluruh kuesioner yang dimasukkan sudah dicukupi.

“Pada Kamis (05/11) ada evaluasi kesiapan baik kegiatan ataupun alat, InsyaAllah Laboratorium PCR siap digunakan pada bulan ini,” sebut Pirno

Reporter: Revan Zaen

Editor: A. Muhammad

 

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!