kipasoak indonesia

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Latih Warga Desa Labuhan Kidul Sluke Membuat Hand Sanitizer Berbahan Dasar Lidah Buaya

  • Bagikan
Your Ad Banner

WARTAPHOTO.NET. REMBANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler dari Rumah (RdR) UIN Walisongo Semarang sosialisaikan cara pembuatan hand sanitizer dengan memafaatkan bahan tepat guna, yaitu lidah buaya (Aloe Vera) pada Ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), betempat di Balai Desa Labuhan Kidul, Kecamatan Sluke, Rembang, (03/11/2020).

Dalam kondisi pandemi Covid-19, hand sanitizer sangatlah penting sebagai alternatif untuk membersihkan tangan dari bakteri dan virus ketika sedang bepergian ataupun beraktivitas di tempat umum.

Dalam pembuatan Hand Sanitizer menggunakan bahan dasar lidah buaya ini, memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan pembersih permukaan kulit. Senyawa dalam lidah buaya tidak hanya bisa membersihkan tangan dari bakteri dan virus, tetapi juga mampu membuat tangan jadi lebih lembab.

Dengan begitu, pembuatan Hand Sanitizer menggunakan lidah buaya lebih efektif dibandingkan dengan bahan kimia lainnya.

“Dalam pembuatan Hand Sanitizer ini menggunakan bahan tepat guna yaitu lidah buaya karena lidah buaya memiliki manfaat membunuh bakteri yang menempel dikulit, dan lidah buaya pun sangat mudah dijumpai di lingkungan sekitar rumah sehingga dalam pemanfaatnya lebih mudah dan dapat dipergunakan kapan saja,” tutur Koordinator KKN kelompok 07 Fatihurrifqi Yuwaffi.

Adapun cara pembuatannya, lanjut dia, pertama kupas lidah buaya kemudian ambil dagingnya, lalu haluskan dan disaring. Lalu, tuang alkohol ke dalam ukuran 30 mili liter dengan takaran kurang lebih 67 persen.  Kemudian campurkan lidah buaya dengan takaran tiga sendok makan, campurkan pewangi pakaian dengan takaran kurang lebih ½ sdm atau 1 sdt.  Setelah  semua bahan dicampur, kemudian dikocok secara merata.

Salah satu peserta, Ainiyah mengatakan, adanya pelatihan pembuatan Hand Sanitizer ini dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Sebab, banyak ibu-ibu yang belum tahu bahwa lidah buaya bisa digunakan sebagai bahan pembuatan hand sanitizer, dan tanaman ini lebih mudah dijumpai serta mudah untuk didapatkan,” ucap dia.

Penulis : Uun Ana Rozalia dan Fatihurrifqi Yuwaffi

Editor : Wartaphoto

\
Your Ad Banner
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of wartaphoto.net