Pati

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Kunjungi Tempat Industri Batu Bata Merah di Desa Kembang Dukuhseti

105
×

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Kunjungi Tempat Industri Batu Bata Merah di Desa Kembang Dukuhseti

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET. DUKUHSETI- Industri batu bata merah merupakan suatu jenis usaha yang cukup potensial untuk dikembangkan, karena usaha ini telah menciptakan lapangan kerja khususnya di Desa Kembang Kecamatan Dukuhseti.

Usaha ini dinilai cukup bertahan dari guncangan ekonomi meski sempat terdampak pandemi Covid-19.

Sebagai sentra industri batu bata merah di wilayah Pati Utara, Desa Kembang cukup dikenal hingga di wilayah lain. Sehingga masyarakat setempat menjadikan usaha pembuatan batu bata merah sebagai mata pencaharian.

Indi Husniya, Mahasiswa Kukiah Kerja Nyata (KKN) Reguler Dari Rumah 75  UIN Walisongo Semarang melakukan kunjungan UMKM industri batu bata merah milik bapak Ali Rosidi di Desa Kembang, (15/11/2020). Tujuannya untuk mengetahui dampak pada sektor ekonomi di bidang industri batu bata merah akibat adanya pandemi covid-19 ini.

Menurut Ali Rosidi, Adanya pandemi covid-19 saat ini, penjualan batu bata merah miliknya tidak begitu merosot. Hanya saja, saat jelang lebaran idul fitri peminat batu bata merah mengalami penurunan.

“Kalau penjualan tidak begitu merosot. Bahkan harganya kami turunkan yang biasanya 1000 bijinya seharga 400.000 ribu rupiah menjadi 380.000 ribu rupiah.

“Adanya pandemi covid-19 ini, untuk industri batu bata merah milik saya masih mampu bertahan dari dampak ekonomi adanya pandemi covid-19. Nah, setelah lebaran idul fitri dan untuk waktu saat ini penjualannya dan harganya sudah stabil kembali mbak,” sebut Ali Rosidi.

Usaha industri batu bata merah ini tergantung dengan cuaca dan musim kemarau. karenanya, untuk proses pengeringan hanya mengandalkan sinar matahari.

Dan seiring dengan meningkatnya pertumbuhan dibidang properti akan juga meningkatkan permintaan terhadap batu bata merah sebagai bahan yang digunakan dalam pembangunan bangunan yang dilakukan di bidang usaha properti itu.

Penulis : Indi Husniya

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!