wartaphoto

Galeri Pati Mbiyen, Wisata Arsip Sejarah Nostalgia Tempo Doeloe

169
×

Galeri Pati Mbiyen, Wisata Arsip Sejarah Nostalgia Tempo Doeloe

Sebarkan artikel ini

Wartaphoto.net.PATI- Gelar wisata arsip bertajuk “Galeri Pati Mbiyen”, Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinas Arpus) Kabupaten Pati sajikan arsip Pati tempo dulu agar bisa diakses oleh masyarakat luas.
Wisata sejarah ini sudah dibuka mulai pertengahan November berlokasi di Gedung Joeang 45 Pati.

Kepala Dinas Arpus Suwanto mengatakan, meski saat ini koleksi arsip baru 20%, tetapi masyarakat bisa bernostalgia bagaimana sejarah Pati tempo dulu melalui galeri arsip yang telah disajikan.

“Sudah dibuka pada pertengahan November lalu. Lokasinya berada di Gedung Joeang 45 Jl. Jendral Sudirman No. 61 Pati. Pengunjung bisa hadir pada hari biasa pada pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.” terangnya.24/11

Disini, Masyarakat dapat menambah pengetahuan tentang sejarah dan mengetahui adanya arsip penting terbentuknya Kabupaten Pati. Karena pengelola Galeri Pati Mbiyen ini mengusung konsep destinasi wisata yang bersifat edukatif.

“Melalui media wisata arsip ini Dinas Arpus Pati sesuai dengan Perda Kabupaten Pati Nomer 5 Tahun 2018 Pasal 40 dan 41,” terangnya.

Adapun konten Galeri Pati Mbiyen ini masih berupa media visual dua dimensi seperti foto-foto Pati masa Kolonial.
Dengan adanya wahana wisata arsip ini diharapkan informasi tentang koleksi arsip Dinas Arpus tersampaikan kepada masyarakat dengan penyajian secara ringan dan menghibur.

Selain terpajang foto Bupati Pati dari Masa ke Masa, Poster Informatif peristiwa bersejarah yang terjadi di Pati.

Ada juga koleksi Pati Masa Revolusi 1945-1949, Pati Retro yang berupa foto-foto Pati bernuansa tahun 1980 sampai dengan 90an,

“Seperti Penobatan RM. Garendi Raja Mataram di Pati, peristiwa pertempuran Bageng, peristiwa penurunan bendera hinomaru di rumah Residen Pati,”

Agar pengunjung betah didalamnya, tersedia juga wahana photo booth Stasiun Joana tahun 1930 dan Wall of batik yang memamerkan bingkai aneka motif Batik Bakaran sebagai sarana selfie atau foto pengunjung.

Reporter: Putra, Arton

Editor: Revan Zaen

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!