NasionalPati

Mal Pelayanan Publik Pati Diresmikan Menpan-RB, Apa Saja Isinya?

61
×

Mal Pelayanan Publik Pati Diresmikan Menpan-RB, Apa Saja Isinya?

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. PATI. Mal Pelayanan Publik (MPP) Pati akhirnya diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, Rabu (16/12).

Menpan-RB Tjahjo Kumolo mengapresiasi usaha Pemkab Pati dalam memperjuangkan peresmian MPP Pati di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Saya berharap agar MPP Pati ini bisa terus membangun koordinasi dengan pemerintah Jawa Tengah atau pun instansi lain, agar jumlah layanan yang tergabung ini semakin bertambah sesuai dengan kebutuhan masyarakat”, ujarnya.

Tjahjo juga menghimbau agar  MPP ini bukan hanya sekedar secara formalitas didirikan tetapi juga harus ada monitoring dari semua perangkat pemerintah Kabupaten Pati terhadap kinerja MPP Pati.

Acara peresmian ini sendiri dibuka dengan Tari Tradisional Sesonderan tersebut turut dihadiri oleh Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Sekretaris Daerah Suharyono, serta Forkopimda Kabupaten Pati.

Dalam sambutannya Haryanto menyampaikan bahwa Kabupaten Pati memiliki potensi yang sangat ideal untuk dikembangkan, termasuk di dalamnya adalah potensi UMKM berbasis komoditas unggulan lokal yang menjadi unsur utama penyangga laju perekonomian daerah.

Keberadaan MPP diharapkan mampu memperkuat daya saing Kabupaten Pati baik dalam skala domestik maupun global. MPP Pati yang didirikan demi mewujudkan visi misi Kabupaten Pati tersebut, dimaksudkan untuk mensejahterakan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan hadirnya MPP semakin membuktikan bahwa Kabupaten Pati layak bersaing dengan daerah lainnya karena memiliki iklim usaha dan investasi yang tumbuh dengan baik. Hal ini juga dibuktikan lewat penghargaan dan penganugerahan Kabupaten Pati sebagai Juara III Indeks Daya Saing Daerah dalam kategori Enabling Environment dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah baru-baru ini”, papar Bupati.

Dengan demikian, MPP dan penghargaan tersebut diharapkan bisa menarik minat investor untuk menginvestasikan usahanya di Kabupaten Pati sehingga dapat mendorong terbukanya lapangan kerja baru dan pemerataan kesempatan berusaha demi peningkatan taraf hidup masyarakat.

“Saya optimis, dengan adanya MPP akan dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik. Karena dalam MPP Kabupaten Pati telah menyatukan 305 (tiga ratus lima) layanan perizinan dalam 22 (dua puluh dua) gerai yang terdiri dari 13 (tiga belas) OPD dan 9 (sembilan) instansi vertikal,” ungkapnya.

 

Masyarakat  bisa mendapatkan layanan dari instansi berikut ini:

  1. DPMPTSP
  2. BPKAD
  3. DISHUB
  4. DINKES
  5. DISNAKER
  6. DLH
  7. TIC (Tourism And Information Center) DINPORAPAR
  8. DISDUKCAPIL
  9. DISPERKIM
  10. DPUTR
  11. DISKOMINFO
  12. DIKOPUMKM
  13. DPMPTSP Prov Jateng

Selain itu juga terdapat layanan:

  1. Kajaksaaan negeri
  2. Polres
  3. Imigrasi
  4. Kemenag
  5. Kantor pos
  6. BPJS kesehatan
  7. BPJS ketenagakerjaan
  8. KPP Pratama
  9. Bank Jateng

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!