kipasoak indonesia

Think Differently from Other

  • Bagikan
Your Ad Banner

Sebagai seorang makhluk yang bernyawa kita diharuskan berikhtiar. Banyak problem dalam kehidupan baik terjadi secara sengaja maupun tidak, namun hal tersebut tak bisa dihindari. Kehidupan akan bermakna manakala termotivasi, menetapkan tujuannya dan mengejarnya dengan cara yang tidak pernah bisa berhenti.

Apakah kita mempunyai cita-cita dan tujuan hidup? Ya pasti kita semua memiliki cita-cita dan tujuan hidup. Pada dasarnya, langkah-langkah untuk mencapai cita-cita itu sama semuanya yang membedakan adalah kerja kerasnya.

Hal tersebut tidak lain kita harus mengambil langkah serta menentukan planning, strategi khusus, take action dan berdoa dalam mencapainya. Pertama, sebelum kita mencapai sebuah cita-cita tanyakan pada diri sendiri apakah kita sudah memiliki kriteria yang diminta? Kalau sudah atur semua rencana yang kita ambil step by step dengan cantik.

Kedua, setting otak kita untuk memberi dorongan dan rangsangan agar mampu mengkolaborasikan planning untuk menjadi strategi khusus buatlah mindset kita menjadi sebuah motivasi yakni dengan berfikir berbeda (think different) dengan cara tersebut dan ketika semua orang memiliki kriteria yang diminta, jadikan mindset kita bahwa kita bisa menjadi yang terbaik dari yang baik untuk menduduki posisi yang kita inginkan.

Ketiga, take action dalam hal apapun makhluk hidup harus berani mengampil keputusan serta resikonya cara yang terbaik untuk memulainya ialah dengan berhenti berbicara dan bertindak sesuai dengan planning dan strategi khusus serta belajar dengan giat terus berlatih. Terakhir keempat, berdoa adalah kunci utama dalam meraih sebuah kesuksesan untuk mencapai cita-cita apapun yang akan kita lakukan semua harus melibatkan Allah.

Ibarat take action tanpa doa itu namanya sombong apalagi tanpa adanya keduanya it’s impossible to imagine semua seperti visi tanpa eksekusi maka yang terjadi hanyalah halusinasi belaka.

Seperti halnya penulis, ketika ingin meraih sebuah cita-cita yang didambakan, banyak hal yang dialami, jatuh bangun bahkan sempat terselip kata yang kurang baik untuk didengar dan mendengar ucapan individu lain.

Namun hal tersebut tak menyurutkan niat dan tujuannya dalam menggapai cita-citanya. Kata yang menggugah penulis ketika mereka bilang “impianku terlalu besar, namun dalam hatinya penulis mengatakan bahwa pemikiran mereka terlalu kecil” because of her family is her priority in her life. Problematika utama dalam hidup jika kita hanya stuck di jalan dan tidak melakukan perubahan yang terbaik untuk masa depan melainkan hanya pasrah dengan keadaan.

Jika cara untuk mendapatkan pengetahuan hanya dengan harapan. Mungkin di dunia ini tidak ada yang bodoh”. Demikian tulis Mr. Kallend Osen (the pioneer of kampung bahasa).

Penulis membenarkan dan setuju hal tersebut karena apa yang dikatakan beliau selaku pemilik lembaga kursusan terbesar nomor satu, serta menjadi gurunya dan selaku pemilik lembaga kursusan bahasa Inggris BEC (Basic English Course) di Pare Kediri Jawa Timur.

Kata tersebut selalu terngiyang menjadi salah satu motivasi yang luar biasa dikala penulis mengalami down dalam take action. Kita makhluk yang diberikan akal fikiran dan hati nurani setidaknya mampu mengontrol dan mampu mendorong semua dengan bijak untuk mencapai target sesuai waktu yang kita tentukan  dan harapan kita, tindakan dan doa selalu bekerja  berbarengan karena hal tersebut tidak akan menghianati dari sebuah pencapaian yang nyata.

Berani berbeda dengan orang lain bukan hal yang mudah karena akan menjadi sorotan orang, baik itu akan menjadikan persepsi dari kacamata penglihat yang timbul berbagai jenis baik yang diterima secara positif maupun sebaliknya. Sehingga kita harus benar-benar menanamkan niat dan tekat yang benar-benar matang dalam hidup kita. Dalam hidup ini, salah satu tujuan kita adalah membahagiakan orang-orang yang kita sayangi dan cintai.

Mimpi , harapan dan cita-cita yang tinggi untuk mewujudkan hal tersebut adalah tantangan yang tidak bisa dihindari  dan semua butuh waktu serta proses step by step yang tidak singkat, terlebih lagi juga kita perlu adanya motivasi makhluk yang menjadi motivator yang menggugah diri kita baik motivator baik datang dari orang lain ataupun diri sendiri. Kebohongan besar namanya, jika kita ingin mencapai cita-cita tapi tanpa adanya take action dan terus bermalas-malasan. Namun jika seperti itu motivator terbaik adalah diri kita sendiri dengan bersemboyan “saya berani  untuk berubah menjadi yang terbaik dari yang baik lainnya”.

Apakah kita berani mengambil resiko? Salah satunya yaitu kita harus berani mengambil resiko, terkadang kita semua takut ketika kita mengingat bahwa adanya sebuah tindakan maka akan terjadinya resiko yang akan dialaminya sehingga banyak dari kita hanya stuck dijalan dan pasrah. Mungkin hal inilah yang membuat tidak berani untuk take action dalam hidup takut gagal, taku diasingkan, takut ditertawakan, dihina, kecewa.

Tapi, kenapa kita tidak percaya diri? Pada dasarnya setiap makhluk hidup memiliki kemampuan yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya memiliki porsi rizki dan talenta yang berbeda hanya saja kita tidak berani menonjolkan, mengapresiasikan serta mengaplikasikan dalam kehidupan seahrusnya kita sebagai makhluk hidup berani dan tumbuhkan rasa percaya diri pada diri kita sehingga kita mampu mewujudkan cita-cita kita dengan indah karena sejatinya usaha seseorang bisa ditiru banyak orang namun rizki tidak bisa ditiru hanya Allah yang tau porsi kebutuhan kita maka menjadi hamba yang taat wajib bagi kita untuk berikhtiar dan bertawakal.

Menentukan target setelah melihat situasi dan kondisi kita saat ini, akan terlihat bagaimana perbedaan kita antara posisi saat ini hingga sejauh mana kita mampu mencapai target cita-cita masa depan kita kelak. Bukan hanya itu saja, kita memiliki tugas sebelum hal itu terjadi yakni dengan menentukan waktu yang kita berikan untuk mengejar target tersebut. Perhatikan pula fase-fase berikut ini.

Bagaimana realita yang dominan memengaruhi kita dalam mengejar target dan jangan sampai target yang kita buat itu terlalu mudah, karena akan berpengaruh pada pergerakan kita untuk mengejar cita-cita akan menjadi sangat terlambat. Tentukan pula yang menjadi kendala atau penghalang dalam mencapai target buat daftar list untuk menumbuhkan motivasi diri sehingga setiap langkah yang kita lalui akan terasa lebih enjoy to do it.

Ada tiga hal yang perlu  diperhatikan saat membuat daftar SWOT (strength, weaknesses, opportunity dan threat). Pertama, kita harus take action secara objektif yang dimaksud disini yakni banyak individu yang melewatkan atau tanpa mereka sadari ataupun disadarinya yang membuat dirinya tidak nyaman. Kedua, rubahlah perspektif kita untuk mendapatkan insight yang bermacam tanpa pengecualian. Ketiga, evaluasi diri dari proses dalam mengejar cita-cita dengan menambahkan pengetahuan yang seluasnya.

Mungkin diri kita sendiri bertanya-tanya apakah kita mampu untuk mencapai semua yang diharapkan, apakah kita pantas untuk mendapatkannya?

Kembali lagi pada diri kita sendiri, bagaimana mindset and we take action  serta kemauan kita untuk merealisasikan tidak hanya sekedar angan belaka. Semua butuh perjuangan untuk menikmati sebuah hasil tanpa adanya perjuangan kita tak bisa menikmati hasil dengan layak salah satu kita berani mengambil resiko serta menentukan planning, strategi khusus, take action dan berdoa dalam mencapainya. Berani berbeda (think different) dan jangan jadi pengecut do the best to be the best for our the best future masa depan cerah milik kita yang berusaha.

*Mahasiswa Pascasarjana IAIN Kudus

Editor: Revan Zaen

\
Your Ad Banner
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of wartaphoto.net