62.560 Vaksin Sinovac Tiba di Semarang, Vaksinasi Mulai 14 Januari

  • Whatsapp

WARTAPHOTO.net. JATENG.  Senin (4/1/21) pukul 03.00 WIB dini hari, vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang dikirim dari PT Biofarma selaku distributor, tiba di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Tambakaji, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Sebanyak 62.560 vaksin tersebut dikemas dalam 32 karton, diantar dengan truk boks berpendingin milik Kementerian Kesehatan. Anggota Brimob Polri bersenjata lengkap mengendarai dua unit mobil lapis baja Barracuda mengawal ketat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek secara langsung vaksin tersebut saat setelah tiba di Gudang Farmasi Dinkes Jateng di Kawasan Industri Tambakaji Semarang

“14 Januari (mulai vaksinasi). Targetnya tahap pertama ini untuk nakes. Kami sudah menghitung total nakes sebanyak 177.784, kemudian tahap kedua nanti untuk pelayanan publik seperti TNI/Polri, Satpol PP, petugas bandara, pelabuhan, KA, guru, tokoh agama, tokoh masyarakat sebanyak 1,1 juta. Setelah itu untuk masyarakat rentan pada tahap ketiga sebanyak 11,4 juta, dan tahap keempat untuk masyarakat umum lainnya 6,04 juta serta masyarakat lain termasuk pelaku ekonomi 4,5 juta,”  kata Ganjar merinci.

Disebutkannya pula bahwa vaksin ini harus diperlakukan khusus atau istilahnya harus ada rantai dingin  antara 2-8 derajat celcius.

“Mulai dari sini sampai ke Kabupaten Kota, Puskesmas bahkan sampai ke orangnya harus menggunakan tempat khusus. Ini tidak boleh putus agar vaksinnya tidak rusak. Kami sudah siapkan pengelolaan dengan hati-hati sambil menunggu jadwal kedatangan berikutnya,” ungkapnya.

Selanjutnya setelah sistem pendistribusinya ke daerah sampai ke penerima siap akan langsung dikirimkan ke daerah.

“Sudah ada tabelnya, dari 35 kabupaten kota penerima vaksin ini terbanyak Kota Semarang, Solo, Banyumas. Itu rata-rata jumlahnya diatas 10.000 dosis,” imbuhnya.

Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah menjadi provinsi dengan pengiriman dosis terbanyak dengan masing-masing 77.760 dan 62.560, disusul selanjutnya dengan Lampung dengan 40.520, serta Sumatera Barat dengan 36.920.

Untuk Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten, vaksin COVID-19 ini diharapkan tiba pada hari ini, sedangkan untuk daerah lain ditargetkan tiba pada Selasa (5/1), kecuali Provinsi Sulawesi Barat yang dijadwalkan tiba paling lambat Kamis (7/1).

Kandungan

Vaksin corona produksi  ini Sinovac merupakan jenis in activated virus atau virus yang dimatikan. In activated virus merupakan cara umum yang biasa digunakan dalam pembuatan vaksin.

Kandungan vaksin Covid-19 dari Sinovac lainnya ialah alumunium hidroksida sebagai adjuvant untuk meningkatkan kemampuan vaksin, kemudian larutan fosfat sebagai penstabil dan larutan garam atau natrium klorida (NaCL) sebagai isotonis.

Vaksin ini disebut tidak menggunakan pengawet dan tidak mengandung bahan lain kayak boraks formalin dan merkuri dan sudah diuji di bawah pengawasan BPOM.

Saat ini, vaksin Sinovac sedang proses aspek kehalalannya dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Editor: Revan Zaen

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *